Pemabuk Dikenakan Tarif Taksi Lebih Mahal Hingga Rp3 Juta

Taksi di Korea Selatan
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Buat mereka yang doyan nongkorong dan bersantai bersama teman-teman di pub atau bar, taksi menjadi alat transportasi andalan jika Anda sudah terlalu banyak minum alkohol.

Ada Ferrari Jadi Taksi, Jangan Naikkan Alis Anda

Bahkan di beberapa negara, pengunjung bar yang baru saja mengonsumsi minuman keras berlebihan tidak diperbolehkan pulang dengan menyetir sendiri kendaraannya, dan harus menggunakan jasa taksi.

Jika beruntung, mereka yang tengah mabuk alkohol akan bangun dengan kepala menempel pada toilet atau lantai kamar mandi. Sementara, untuk mereka yang tidak kuat lambungnya, maka makan malam yang disantap beberapa jam lalu akan berakhir di jok belakang taksi.

Ahli Transportasi Ungkap Syarat Taksi Uber Boleh Operasi

Dilansir dari situs Autoevolution, Jumat 30 Januari 2015, pengemudi taksi di Korea Selatan meminta pemerintah untuk menetapkan undang-undang yang mengatur tentang tarif tambahan untuk mereka yang muntah di dalam taksi.

Hal ini dilakukan karena berdasarkan keluhan yang masuk dari para supir taksi, sekitar 42,5 persennya melibatkan isi perut yang tumpah dan sukar dibersihkan. Andaikan supir taksi itu berhasil menghilangkan semua noda, akan tetapi aroma tidak enak masih akan tercium hingga dua hari ke depan.

PPAD Tuding Pemerintah Bocor Alus dan Masuk Angin

Akibatnya mereka tidak bisa bekerja, karena tidak tahan dengan bau muntah yang masih menyengat. Itu sebabnya mereka meminta kompensasi dari kerugian yang timbul akibat dari kesenangan penumpangnya.

Pemerintah Korea Selatan akhirnya mengabulkan keinginan para supir taksi tersebut. Mulai 1 Februari 2015, pengemudi taksi diijinkan mengenakan biaya tambahan sebesar 150 ribu Won atau sekitar Rp3,4 juta, jika penumpang muntah di dalam taksi.

Dan jika penumpang tersebut menolak membayar, pengemudi bisa mengenakan biaya yang lebih besar lagi dan membawa kasus tersebut ke pengadilan.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya