Tips Jitu Hemat Bahan Bakar Ala Pabrikan Mobil Honda

Bahan bakar.
Sumber :
  • Jalopnik

VIVA.co.id - Irit bahan bakar tentu menjadi pertimbangan utama bagi para konsumen untuk membeli mobil. Maka tak heran, saat ini, banyak produsen mobil yang mengedepankan keiritan mobil sebagai daya pikatnya.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Namun, irit bahan bakar juga tak melulu berasal dari "dalaman" mobil. Penggunaan dengan benar dan perawatan yang berkala juga bisa memengaruhi performa mobil, termasuk untuk tingkat konsumsi bahan bakar.

Banyak ditemukan tips-tips untuk menghemat bahan bakar pada kendaraan, termasuk salah satunya tips mengirit bahan bakar yang dikeluarkan PT Honda Prospect Motor (HPM) ini.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Berikut 13 tips hemat bahan bakar:

1. Atur tekanan ban sesuai dengan ukuran yang direkomendasikan. Gunakan pengukur tekanan ban yang akurat untuk mengatur tingkat kekerasan ban. Biasanya, ukuran tekanan ban tertera pada label di pilar pintu pengemudi. Dengan mengatur tekanan ban yang sesuai, selain akan membuat nyaman dan sistem kemudi yang baik, juga akan mengirit bahan bakar.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

2. Gunakan oli yang direkomendasikan. Penggunaan oli juga perlu diperhatikan, karena kekentalan oli mesin yang tinggi akan membuat mesin bekerja dengan berat dan meningkatkan pemakaian bahan bakar. Selalu gunakan oli yang direkomendasikan.

3. Pemilihan bahan bakar yang digunakan. Penggunaan bahan bakar yang direkomendasikan akan membuat pembakaran lebih sempurna dan tidak meninggalkan kerak dari sisa pembakaran. Dan, dengan pembakaran yang sempurna, tentu akan membuat kinerja mesin lebih efisien dan memaksimalkan jarak tempuh penggunaan bahan bakar. Yang tak kalah penting, pastikan Anda mengisi bahan bakar di stasiun pengisian bahan bakar yang berkualitas dan memiliki takaran yang akurat.

4. Panaskan mesin sebelum kendaraan dijalankan. Biasakan untuk memanaskan mesin sesaat sebelum dijalankan. Apabila kendaraan langsung dijalankan, setelah mesin dinyalakan, tentu akan membuat pemakaian bahan bakar menjadi boros. Namun, tak perlu terlalu lama memanaskan mesin, karena tentu akan menjadi boros. Cukup panaskan mesin selama satu menit.

5. Mengurangi berat kendaraan. Terkadang mobil dipenuhi dengan barang-barang pribadi. Nah, perlu untuk menyeleksi barang-barang yang tak diperlukan. Sebab, dengan beban yang berat, tentu akan membuat mesin bekerja lebih keras dan mengonsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

6. Akselerasi sedang dan lembut. Hindari menekan pedal gas terlalu sering. Akselerasi yang berlebihan tentu akan berdampak pada konsumsi bahan bakar. Namun, akselerasi yang terlalu lembut juga akan membuat perpindahan gigi terlalu lama dan meningkatkan konsumsi bahan bakar. Jika kendaraan menggunakan sistem transmisi manual, Anda bisa meningkatkan penghematan bahan bakar dengan perpindahan gigi yang lebih awal.

7. Hindari mengemudi dengan cara stop and go. Antisipasi rambu-rambu lalu lintas untuk menjaga momentum saat awal kendaraan berjalan. Hindari stop and go yang tidak perlu. Jangan mengemudikan kendaraan terlalu dekat dengan mobil lain, karena hal itu akan memicu stop and go dalam berkendara.

8. Mengurangi kecepatan. Pemakaian bahan bakar akan meningkat saat kecepatan berada di atas 80 kilometer per jam. Mengurangi kecepatan kendaraan akan mengurangi beban aerodinamik.

9. Perpindahan gigi yang tepat. Untuk mobil manual, saat akan memindahkan gigi, hindari putaran mesin yang telalu tinggi. Perpindahan gigi ideal adalah sekitar 2.000 rotation per minute (rpm) dan usahakan saat pindah gigi, rpm tidak turun terlalu jauh.

10. Hindari berhenti terlalu lama dengan kondisi mesin hidup. Saat kendaraan berhenti dengan pendingin udara menyala, konsumsi bahan bakar akan terus berjalan, sehingga tentu akan membuat lebih boros.

11. Hemat dalam penggunaan pendingin udara. Mesin akan bekerja dengan keras saat Air Conditioning (AC) mobil dinyalakan. Dan, konsekuensinya tentu akan menambah konsumsi bahan bakar. Nyalakan AC, jika benar-benar dibutuhkan. Jika kendaraan memiliki fitur kontrol iklim, pilihlah temperatur yang paling nyaman.

12. Maksimalkan fitur ECO. Saat ini, beberapa tipe kendaraan dilengkapi dengan sistem ECO. Maksimalkan penggunaan fitur ini untuk menghemat bahan bakar. Fitur ECO sendiri ada dua tipe, yakni manual dan otomatis, tergantung kendaraan Anda.

13. Lakukan perawatan berkala. Dengan melakukan perawatan berkala, akan membuat mobil dalam keadaan prima, sehingga selain membuat nyaman dalam berkendara, juga akan menjaga konsumsi bahan bakar. (asp)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya