Ford Pamer "Hewan Predator" Terbaru

Ford F-150 Raptor terbaru yang dipajang di Detroit Auto Show 2015
Sumber :
  • Carbuzz

VIVA.co.id - Pada acara Detroit Auto Show 2015 yang berakhir 25 Januari 2015 di Amerika Serikat, Raj Nair selaku Wakil Presiden Pengembangan Produk Global Ford, mengumumkan kehadiran generasi terbaru F-150 Raptor. Mobil berjenis truk ini masih sebatas konsep, dan baru resmi diluncurkan pada 2016 mendatang.

Berbeda dengan generasi sebelumnya, truk yang diberi nama sesuai hewan predator jaman purba ini untuk pertama kalinya mengusung mesin yang dilengkapi dengan perangkat turbocharger. Meski hal ini akan menuai kontroversi, terutama dari para penggemar Ford Raptor, namun langkah ini dianggap tepat oleh Ford. Karena tujuan yang hendak diraih adalah tenaga lebih brutal yang dihasilkan dari pembakaran bensin yang lebih sedikit.

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka

Dilansir dari situs Carbuzz, 30 Januari 2015, hal ini dibuktikan dengan mesin baru enam silinder berkapasitas 3.500cc berteknologi EcoBoost yang mampu menghasilkan tenaga sampai dengan 450 daya kuda. Angka ini jauh di atas versi Raptor sebelumnya, yang mencatat tenaga 411 daya kuda.

Mesin Ford Raptor edisi 2017 ini memiliki berat sekitar 225 kilogram. Selain itu, reduksi bobot juga dilakukan pada bodi dan rangka, dengan menggunakan material baja ringan dan aluminium. Modifikasi ini diharapkan mampu meningkatkan stabilitas truk saat digunakan di medan off-road.

Sejumlah mode mengemudi tersedia di Raptor terbaru ini, mulai dari normal, jalan bebas hambatan, lumpur, pasir, dan medan berbatu. Tidak ketinggalan, Ford juga melengkapi Raptor dengan transmisi otomatis 10 percepatan yang dapat mengurangi beban mesin saat dipacu dengan kecepatan tinggi, sehingga pemakaian bahan bakar dapat lebih irit lagi. (one)

Laporan Dian Kosasih/VIVA.co.id

Wapres Kalla Resmikan Pembukaan GIIAS 2016

Baca juga:

Wakil Presiden Jusuf Kalla

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

20 tahun lalu kita masih impor, sekarang kita masuk ke manufacturing.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016