Berapa Lama Umur Motor Matik Aman Dikendarai?

Bikers wanita.
Sumber :
  • www.jualanmotor.com

VIVA.co.id - Motor dengan genre matik saat ini populer di masyarakat. Di Indonesia, populasi motor matik kian banyak dipilih lantaran dianggap lebih mudah dikendarai saat kondisi macet, dan sang pembesut tak perlu repot-repot melakukan oper gigi.

Namun, dari berbagai keunggulan motor matik, tahukah Anda berapa usia motor matik aman untuk dikendarai?

Menurut Kepala Mekanik Eka Jaya Motor yang terletak di Jakarta Barat, Ahmad Bakrie, motor jenis matik biasanya dapat berjalan normal tanpa mengalami kendala berarti selama lima tahun.

"Biasanya motor matik itu hanya bertahan lima tahunlah (usia nyaman). Tetapi, semua tetap tergantung dari pemakaian si pengguna motor itu. Kalau penggunaannya baik, dan selalu dirawat usianya akan bertambah," ujar Ahmad Bakrie kepada VIVA.co.id, Kamis 5 Februari 2015.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Menurutnya, angka itu didapat dari hasil pendataannya selama ini, terkait masalah-masalah motor matik yang kerap ditangani di bengkelnya.

Salah satu faktor yang dapat dianalisa pada usia kendaraan bermotor, kata dia, ialah perawatan yang berkenaan dengan oli mesin. Oli dikatakannya merupakan "darah" bagi motor, sehingga sangat penting bagi kelangsungan usia motor.

"Yang terpenting bagi semua mesin motor adalah mengganti oli. Apabila kita rutin mengganti oli setiap bulan, pasti mesin akan lebih tahan lama," ujarnya.

Selain itu, ia juga menyarankan agar para pemilik motor lebih bijak dalam mengisi bahan bakar kendaraan mereka. Karena, bahan bakar juga dinilai cukup berpengaruh dalam sistem pembakaran mesin. Bahan bakar yang baik, dikatakannya akan membuat mesin tidak cepat kotor. (one)

Laporan: Dian Kosasih/Jakarta

Baca juga:

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Waspada Salah Beli Mobil Gara-gara Lirikan SPG

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017