Menakar Peluang Proyek Mobnas Hendropriyono

Jokowi kunjungi pabrik Proton
Sumber :
  • REUTERS/Olivia Harris

VIVA.co.id - Pengembangan mobil nasional yang digalang tim sukses Presiden Joko Widodo, Hendropriyono, membetot perhatian publik. Sejumlah pihak pesimistis proyek tersebut dapat berjalan baik dan bila berjalan dapat bersaing dengan pabrikan otomotif yang sudah mengakar di Indonesia sebelumnya.

Tiga Versi Ertiga yang Bakal Dipasarkan Proton di Malaysia

Proyek itu memang sudah hampri pasti berjalan. Sebab, bersamaan dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Malaysia, telah diteken nota kesepahaman antara PT Adiperkasa Citra Lestari dan perusahaan otomobil Malaysia, Proton Holding Berhad, yang menetapkan kerja sama untuk proyek mobil nasional Indonesia.

"Tidak mudah untuk bersaing," kata pengamat otomotif, Suhari Sargo, ketika dihubungi VIVA.co.id, Sabtu 7 Februari 2015.

Menurut Suhari, minat pasar sudah terbentuk dari produk-produk mobil keluaran produsen ternama. Untuk itu, perlu ada kerja keras bagi mobil nasional supaya tetap eksis.

Bagaimana caranya? Dia pun mengatakan ada dua cara supaya mobil itu bisa bersaing dengan merek-merek lainnya. Yang pertama, bersaing dalam teknologi. Dikatakan bahwa mobil nasional yang diproduksi setidaknya sudah mengantongi teknologi yang modern dan tidak tertinggal oleh produsen-produsen mobil lainnya.

"Yang kedua, bersaing dalam pemasaran bagaimana dia merebut segmen pasar," kata dia.

Seperti yang diketahui, penandatanganan kerja sama itu dilakukan oleh CEO Proton Holding Bhd., Datuk Abdul Harits Abdullah, dan CEO Adiperkasa Citra Lestari, A. M. Hendropriyono, di kantor Proton Shah Alam, Malaysia pada Jumat 6 Februari 2015. Penandatangan nota kesepahaman itu disaksikan oleh pemimpin Proton, Mahathir Mohammad, PM Malaysia, Datuk Seri Najib bin Tun Abdul Razak, Presiden RI, Joko Widodo, dan Dubes Malaysia dan Indonesia serta menteri Kabinet Kerja.

Dalam kerja sama itu, Proton akan membantu pengembangan proyek tersebut. Studi kelayakan akan segera dilakukan termasuk aspek teknis dan komersial. Studi tersebut juga melihat bagaimana potensi pengembangan dan pembuatan mobil nasional di Indonesia.

Baca juga:

Suzuki Ertiga Buatan Indonesia Siap 'Jajah' Malaysia

Usai Ertiga, Proton Juga Incar Pasarkan Suzuki Vitara

Proton kini juga mengincar model Vitara untuk dipasarkan.

img_title
VIVA.co.id
26 Januari 2016