Cara Mudah Hidupkan Motor Setelah Mogok Akibat Banjir

Banjir di Aceh Utara
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rahmad

VIVA.co.id - Curah hujan yang tinggi beberapa hari ini membuat sebagian wilayah di Jakarta harus terendam banjir. Aktivitas yang padat membuat sebagian pengendara motor nekat menerobos banjir untuk tetap menjalani aktivitas mereka.

Namun, terkadang rencana tak selalu mulus dengan kenyataan. Karena tingginya genangan yang dilintasi, banyak pengendara motor yang kemudian bernasib apes dan mogok di tengah banjir. Kondisi itu tentu menjengkelkan.

Namun, jangan panik. Sebab, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar mesin motor dapat kembali hidup.

Menurut Tio, seorang mekanik bengkel di Jakarta Barat kepada VIVA.co.id, komponen yang patut diperhatikan pada motor pasca banjir adalah busi.

Berikut langkah-langkahnya:

Bersihkan Busi

Busi adalah elemen penting dari sebuah kendaraan bermotor, karena busi memiliki fungsi sebagai pematik api yang biasanya akan sensitif bila terkena air. Caranya dengan lap busi dengan kain kering lalu gunakan sikat gigi untuk membesihkan ujung busi.

Bersihkan air dari knalpot

Knalpot biasanya akan terisi air saat kendaraan nekat menerjang banjir, langkah kedua yang benar adalah bersihkan knalpot dari air dengan cara mengangkat ban depan sehingga air keluar dari knalpot.

Bersihkan air dari karburator

Apabila masih belum bisa menyala, lebih baik periksa karburator motor untuk memastikan tidak adanya air yang bercampur dengan bahan bakar di kendaraan.

Periksa oli

Lalu hal yang perlu dilakukan adalah memeriksa oli, apakah oli bercampur dengan air. Apabila oli bercampur dengan air, oli akan berwarna putih, hal ini sangat penting pula untuk diperiksa.

Panaskan mesin

Akan lebih baik bila tidak langsung men-starter motor Anda paska banjir, melainkan dengan cara manual yakni diengkol,  lalu panaskan mesin.

Setelah melakukan hal tersebut akan lebih baik bila segera membawa motor ke bengkel terdekat untuk menghidari kerusakan lebih parah pada mesin.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Laporan: Dian Kosasih/Jakarta

Baca juga:

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Waspada Salah Beli Mobil Gara-gara Lirikan SPG

(ren)

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017