Wajib Tahu, Bahaya Mengisi Bensin Hingga Luber

Menigisi bahan bakar ke mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Harga bahan bakar minyak bersubsidi yang kini sudah mengikuti harga minyak dunia memang menjadi dilema untuk sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak orang yang menunggu hingga harga turun, baru kemudian mengisi BBM.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Biasanya, di saat harga BBM turun, pengunjung Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) jumlahnya membludak. Mereka berbondong-bondong mengisi tangki kendaraan hingga mencapai bibir lubang pengisian bahan bakar, agar tidak perlu lagi melakukan pengisian hingga beberapa waktu ke depan.

Sayangnya, kebiasaan mengisi tangki bahan bakar hingga penuh sama bahayanya dengan mengendarai mobil atau motor dalam kondisi tangki bensin kosong. Dilansir dari situs epa.gov, Selasa, 10 Februari 2015, berikut alasan mengapa kita tidak seharusnya mengisi bensin terlalu penuh:

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

1. Bensin yang mengucur dari selang pengisian bisa terhisap balik ke tangki SPBU, sehingga sebagian bensin yang kita bayar akan kembali masuk ke tangki SPBU. Hal ini terjadi karena mesin pengisian bahan bakar modern sudah dilengkapi dengan penghisap uap bensin. Saat selang pengisian mendeteksi bahwa bensin yang diisikan sudah penuh, maka penghisap akan otomatis menyedot uap bensin yang keluar dari lubang pengisian mobil atau motor.

2. Tangki bensin butuh ruang agar bensin bisa mengembang. Setiap tangki bensin kendaraan selalu dilengkapi dengan lubang hawa. Lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan BBM saat ada di dalam tangki bensin. Bila seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bensin, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga BBM terbuang percuma.

Siapa Bilang Ban Serep Mobil Tak Butuh Perawatan? Wajib Tahu

3. Uap bensin sangat berbahaya untuk kesehatan. Setiap bensin yang tumpah atau menguap, menjadi faktor penyumbang polusi udara. Jangan lupa, setiap bensin yang tumpah saat pengisian BBM yang berlebihan, harus Anda bayar juga.

Baca juga:

Bengkel sepeda motor. Foto ilustrasi

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016