Tiga Faktor Utama Penyebab Kecelakaan Menurut Korlantas

Kecelakaan Arteri Pondok Indah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id - Kepala Korps Lalu Lintas Polri, Irjen Pol Condro Kirono, menyatakan bahwa kecelakaan yang terjadi di jalan raya saat ini, kebanyakan disebabkan oleh tiga faktor utama.

Dalam acara Ford Safety Riding, di NTMC Polri, Rabu 11 Februari 2015, Condro menyebut bahwa faktor-faktor itu antara lain kondisi jalan yang rusak, serta kendaraan yang tidak laik digunakan.

"Selain itu, faktor utama yang tak kalah penting adalah kesalahan pengendara itu sendiri. Karena itu, yang mendominasi kecelakaan saat ini," ujar Condro Kirono.

Menurutnya, kesalahan yang dilakukan pengendara lantaran manajemen waktu yang buruk, sehingga membuat mereka tidak sabar dan mengabaikan keselamatan. Hal itu akan diperparah, jika suasana hati si pengendara tidak dalam kondisi baik.

Untuk mengurangi risiko kecelakaan di jalan raya, Condro pun mengimbau, agar para pengendara menghitung-hitung terlebih dahulu jarak tempuh dan waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tujuan. Hal itu dinilai penting, agar tak ada sikap saling serobot yang nantinya akan berujung buruk di jalan raya.

"Kita harus tahu waktu yang dibutuhkan untuk sampai tempat tujuan dengan kondisi lalu lintas saat ini, sehingga kita akan lebih sabar dan tidak terburu-buru dalam berkendara," ujarnya.

Enam Fakta Mencengangkan soal Helm

Laporan: Dian Kosasih/Jakarta/asp



Baca juga:

VIDEO: Aksi Lamborghini 'Menari' di Atas Es

BMW Ajak Mengemudi Keliling Dunia Empat Benua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya