Mencari Jejak 'Alamat Palsu' PT ACL Hendropriyono

Tendean Square.
Sumber :
  • Google Maps

VIVA.co.id - Nama PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) belakangan santer terdengar pasca penandatanganan kerjasama dengan produsen mobil Malaysia, Proton Holdings. Kerjasama itu digadang-gadang dilakukan sebagai langkah untuk membuat mobil nasional.

Kendati demikian, banyak pihak meragukan kinerja dan kapabilitias perusahaan milik mantan kepala Badan Intelijen Negara (BIN), AM Hendropriyono tersebut, khususnya di bidang industri otomotif.
Atas dasar itu, VIVA.co.id pun mencoba menulusuri di mana "markas" PT ACL sebenarnya.

Berdasarkan informasi yang didapat, alamat PT ACL berada di kompleks rumah kantor (Ruko) di Tendean Square 26, Jalan Wolter Monginsidi 122-124, Jakarta Selatan.

Hanya saja, saat kami bertandang ke alamat tersebut, suasana kantor tak seperti halnya sebuah tempat kerja perusahaan mobil, melainkan sebuah kantor kecil notaris dengan nama Muhammad Hannafi, S.H.

Menurut salah seorang petugas keamanan kantor yang enggan disebutkan namanya, tempat tersebut bukanlah tempat bisnis PT ACL, melainkan tempat usaha notaris.

"Bikin males saja selalu menanyakan ACL. Kalau saya ketemu orangnya saya tempeleng. Di sini kalau mau bikin surat tanah atau izin lainnya bisa, itu sih bener tempatnya di sini. Kalau ACL bukan," kata petugas keamanan tersebut kepada VIVA.co.id, Kamis 12 Februari 2015.

Saking kesalnya banyak pihak yang selalu bertanya keberadaan PT ACL, petugas keamanan itu pun siap menantang orang yang mengaku-ngaku memiliki tempat tersebut.

Nama asing PT ACL rupanya juga diakui Ketua Umum asosiasi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Sudirman Maman Rusdi.

Menurut Sudirman, PT ACL hingga saat ini belum terdaftar sebagai anggota dari Gaikindo. Bahkan, pembicaraan PT ACL sebagai anggota Gaikindo pun belum dilakukan.

"Tidak ada aturan selama ini (mobnas harus Gaikindo), tapi mungkin saja kalau nanti sudah deal dan berkiprah seperti itu (perusahaan mobil) mungkin saja akan masuk Gaikindo. Kami terbuka. Gaikindo terbuka untuk seluruh merek," ujar Sudirman MR beberapa waktu lalu.

Baca juga:

Kini di Mobil Bisa Nonton Siaran TV Berbayar

Pembuat Mobil Nasional Komodo Mengeluh Dijiplak China
mobil-mobil Hollywood

Mobil-mobil Hollywood 'Mejeng' di IIMS 2016

IIMS 2016 digelar di PRJ.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2016