Teknologi VVA Tertanam di Motor NMAX Yamaha

Yamaha NMax.
Sumber :
  • www.yamahamotor.co

VIVA.co.id - Yamaha belum lama ini telah meluncurkan motor matik terbarunya, NMAX 150. Beberapa teknologi ditanamkan pada motor yang dibanderol seharga Rp27,4 juta ini. Termasuk teknologi Variable Valves Actuation (VVA).

Lalu, apa maksud dari teknologi VVA ini? Rupanya teknologi ini berguna untuk menjaga tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran mesin, termasuk di titik kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung turun.

Teknologi ini bekerja pada head cylinder di mana terdapat dua jenis cam yaitu low speed cam dan high speed cam yang mendukung kinerja VVA, sehingga tenaga dan torsi maksimum pada setiap putaran.

"Teknologi VVA yang terbaru dari Yamaha adalah inovasi solusi tepat bagi pemakai motor untuk mendapatkan torsi dan tenaga maksimum pada semua putaran mesin," kata Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, Mohammad Masykur di situs resmi Yamaha.

"Dan teknologi ini membuktikan kualitas kinerja Yamaha yang selalu menciptakan penemuan terbaru sebagai pionir dan memenuhi kebutuhan konsumen bagi penyempurnaan performa motor," lanjut Masykur.

VVA merupakan bagian dari teknologi Blue Core yang mendukung performa motor, sehingga membantu pembakaran optimal, pendinginan maksimal dan minim gesekan.

Meski penampilannya terkesan bongsor, tapi NMAX terbilang motor paling ringan di kelasnya, 120 kg. Motor ini juga punya tenaga dan torsi paling besar di kelasnya The Ultimate Sports Matic (Sport Matik Tertinggi) yakni tenaga 11.1 kW/8000 rpm dan torsi 14.4 Nm/6000 rpm. (art)

Baca juga:

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo

Yamaha R25 versi ABS

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Yamaha masih melakukan pengkajian terhadap Pertamax Turbo.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016