5 Cara Murah Bikin Kencang Tarikan Motor Matik

Berkendara sepeda motor
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu

VIVA.co.id - Motor matik saat ini tengah menjadi pilihan banyak masyarakat dalam menemani aktivitasnya sehari-hari. Matik banyak dipilih lantaran modelnya yang ringkas dan mudah digunakan. Karena menganut sistem transmisi otomatis, si pembesut tak perlu repot-repot lagi melakukan oper-gigi.

Tetapi, terkadang performa yang ditawarkan motor matik dianggap kurang "montok" bagi para penggunanya jika menyoal tenaga. Berbeda dengan motor-motor lain seperti genre sport misalnya.

Menurut Koh Ahin, pemilik Sumber Jaya Motor di Depok Dua, Kota Depok, ada lima hal hal penting yang patut diperhatikan jika ingin membuat matik bertenaga tanpa harus mengeluarkan dana besar dan harus mem-bore-up mesin.

Lantas, apa lima hal yang perlu diperhatikan? Berikut tips-tipsnya seperti disampaikan kepada VIVA.co.id beberapa waktu lalu:

1. Roller

Penggantian roller merupakan hal paling utama untuk mendongkrak tenaga motor mati, karena roller dapat memberikan performa tarikan atas dan bawah yang cukup bertenaga. Misalnya pada Honda Vario, di
mana biasa melakukan penggantian roller standar dengan roller 10gram dan 14gram.

2. V-Belt

Penggantian V-Belt merupakan salah satu faktor yang patut diperhatikan agar tarikan motor matik kencang. Usahakan, ganti dengan ukuran yang lebih tebal dan keras. Jika sudah dilakukan, tarikan motor akan lebih responsif.

3. Pengapian

Disarankan bagi Anda yang menginginkan semburan tenaga besar, wajib untuk mengganti busi standar dengan busi yang memberikan pengapian lebih sempurna. Sehingga, pembakaran di ruang mesin jelas lebih baik. Busi-busi tersebut bisa anda lirik dari produk aftermarket seperti merek NGK,TDR, atau sekelas Splitfire dan Iridium Denso.

4. CDI

Sektor CDI juga memili peran vital. CDI standar bawaan pabrik memang sudah baik dalam menyalurkan arus listrik. Tapi jika ingin lebih mendongkrak performa matik, tidak ada salahnya melirik CDI aftermarket seperti BRT, Shindengen, ataupun CDI aftermarket lainnya.

5. Koil

Koil aftermarket yang berada di pasaran seperti Kitaco, TDR atau BRT patut dicoba untuk memberikan percikan api yang lebih maksimal pada pengapian motor matik.

Baca juga:

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017