Pakai Knalpot Akrapovic, Tenaga Yamaha R1 Makin Brutal

Yamaha R1 dengan knalpot Akrapovic.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id - Pabrikan motor berlambang garpu tala Yamaha akhir tahun lalu memperkenalkan keluarga barunya, YZF-R1, di ajang bergengsi EICMA 2014. Motor bergaya superbike ini hadir dengan roh balap, menyerupai motor di ajang balapan MotoGP.

Banyak pihak kemudian memicingkan matanya untuk melihat berbagai keunggulan yang digendongnya, termasuk tenaga yang ia miliki.

Untuk mendukung performa motor bertenaga 200 horse power itu, baru-baru ini produsen knalpot asal Slovenia, Akrapovic merilis knalpot racing untuk YZF-R1.

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo

Menariknya, desain knalpot ini dihadirkan dengan desain yang terinspirasi dari knalpot tunggangan MotoGP milik Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, YZR-M1. Demikian dilansir Autoevolution, Senin, 16 Februari 2015.

Meskipun alat peredam ini seperti barang berteknologi tinggi, pemasangan dikatakan tidak perlu memerlukan kru MotoGP. Pemasangan hanya perlu menggunakan pipa penghubung titanium yang dirancang khusus untuk tabung ini, dan caranya cukup mudah. Kata Akrapovic, hanya diperlukan beberapa alat rumah tangga dan keterampilan minimal mekanik untuk memasangnya.

Akrapovic juga mengklaim bahwa knalpot bertipe slip-on ini sanggup memberi tambahan tenaga dan torsi, sekaligus mendongkrak gaya dari YZF-R1.

Bahannya terbuat dari titanium dengan tambahan bahan carbon fiber pada cover anti panasnya. Sehingga, bobot lubang buang ini jauh lebih ringan dari knalpot standarnya. Namun, bicara soal harga, belum ada banderol resmi yang dikeluarkan dari Akrapovic.

Baca juga:

Wajah Skuter Terbaru Yamaha Mirip Vespa

Banjir Diskon Motor Yamaha di IIMS, R25 Paling Besar

Yamaha R25 versi ABS

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Yamaha masih melakukan pengkajian terhadap Pertamax Turbo.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016