Lama Jadi Besi Tua, Mobil Bob Marley Bangkit dari Kubur

Land Rover Bob Marley setelah direstorasi.
Sumber :
  • www.bbc.co.uk

VIVA.co.id - Siapa yang tak kenal Bob Marley? Pria berambut gimbal yang tersohor di dunia berkat musik raggae-nya. Meski sudah tiada sejak 1981 silam, pemilik nama lengkap Nesta Robert Marley ini masih selalu dikenang.

Seperti yang dilakukan banyak masyarakat pada 6 Februari lalu. Tanggal tersebut diketahui merupakan tanggal kelahiran Bob Marley.

Dilansir BBC, Senin 16 Februari 2015, untuk merayakan kelahiran Bob Marley yang ke-70, dua perusahaan yakni Sandals Resort International dan ATL Automotive --distributor Land Rover di Jamaika-- berinisiatif merestorasi mobil kesayangan Bob Marley yang belakangan sudah menjadi besi rongsokan.

Mobil Jaguar Rp2 Miliaran Meluncur di GIIAS

Mobil tersebut yakni pikap seri III Land Rover lansiran 1977. "Kami merasa hadiah terbesar yang dapat kami berikan adalah mengembalikan Land Rover-nya seperti semula," ujar Chief Executive Officer (CEO) Sandals, Adam Stewart.

Mobil Bob Marley sebelum direstorasi.

Kata Stewart, Land Rover milik Bob Marley ini merupakan salah satu kendaraan yang paling terkenal dalam sejarah otomotif. "Kami senang saat ada kesempatan untuk menjadi bagian dari restorasi," kata dia.

Sementara itu, menurut Stephen James, teknisi senior Jaguar Land Rover untuk ATL Automotive, pihaknya mengaku butuh dua tahun untuk merestorasi mobil tersebut agar kembali seperti semula.

"Ketika kami pertama kali melihat, kendaraan itu rusak parah. Mobil itu kemudian kami telanjangi dan kami bangun kembali mulai dari sasis," ujar Stephen James.

Pengerjaan menjadi lama lantaran untuk merestorasinya, banyak bagian dari mobil ini yang sulit untuk didapatkan.

Ford Hengkang, Bagaimana Nasib Jaguar Land Rover Indonesia?

"80 persen suku cadang akhirnya kami pasok dari Amerika Serikat," ujarnya.

Sebelum direstorasi, Land Rover milik Bob Marley ini tidak lagi digunakan. Alhasil, mobil ini pun perlahan rusak dan dipenuhi gempuran karat. Ide restorasi sendiri muncul pada 2013 silam.

Kini, Land Rover yang telah direstorasi tersebut terpajang di bekas rumah Marley yang saat ini menjadi museum di Hoper Road nomor 56, Kingston, Jamaika. (one)

Baca juga:

Mobil SUV Tercepat Resmi Masuk Indonesia, Ini Harganya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya