Sensasi Tunggangi Motor Trail 'Dua Alam' Yamaha

Yamaha WR250R
Sumber :
  • Toto Pribadi/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Setelah sekian lama Yamaha akhirnya kembali meluncurkan motor trail ke pasar Indonesia. WR250R hadir dengan konsep dual purpose untuk menghadirkan sensasi on-off road. Bagaimana performa motor 'dua alam' milik Yamaha ini?

VIVA.co.id mendapat kesempatan menunggangi langsung motor trail jangkung tersebut di Sirkuit Pondok Cabe, Tangerang. Motor yang diklaim tangguh di jalanan tanah dan beraspal ini terlihat berperawakan lebih besar dibanding kompetitornya macam Kawasaki KLX250 dan Honda CRF250.

Motor yang ditanami mesin DOHC 4 tak, single silinder dan 4 valve ini terbilang jangkung dengan postur sekitar 1,2 meter. Tak heran jika para pengendara khususnya pencinta motor trail Tanah Air harus 'jinjit' saat akan menunggainya.

Namun dengan posturnya yang jangkung ini, membuat motor yang punya jarak jok dengan tanah setinggi  930 mm itu, terkesan gagah. Sehingga sangat wajar jika menaiki motor trail yang satu ini dapat menambah rasa percaya diri.

Sensasi kekuatan dari motor yang satu ini langsung terlihat saat membuka tuas gas. Dengan ditopang kopling lembut, motor yang memiliki ground clearance 300 mm semakin mudah untuk dikendalikan meski efek liar sedikit terasa karena torsi yang besar dari motor tersebut.

Berbicara kemampuan mesin, motor trail terbaru Yamaha ini juga pantas diadu. Dengan mesin DOHC 4 tak, single silinder dan 4 valve, motor ini dapat memuncratkan tenaga 30,2 hp pada 1000 rpm dan torsi maksimal 23,7 Nm di 8000 rpm.

Dengan lingkar roda 80/120-21 pada bagian ban depan dan 120/80-21 pada bagian ban belakang, motor trail edisi CBU ini dapat dengan mudah melintasi jalan berlumpur dan semakin mudah saat melahap tanjakan.

Yang tak kalah penting yakni penempatan knalpot dari motor ini. Yamaha dengan pintar menempatkan posisi knalpot di bawah jok sehingga memungkinkan WR250R tak terganggu saat melahap kubangan air.

Untuk suspensi, WR250R menerapkan model up-side-down dan suspensi monocross adjustable untuk kenyamanan. Hentakan yang dihasilkan oleh suspensi motor trail ini terbilang masih nyaman meski menapaki medan berat.

Nah, bagi para petualang yang sesekali ingin merasakan nuansa perkotaan, tentu kehadiran motor trail ini dapat jadi solusi. Untuk memilikinya, para konsumen memang harus merogoh kantong dalam-dalam. Pasalnya, Yamaha melepas WR250R dengan harga Rp93 juta. Namun itu menjadi harga yang pantas mengingat keunggulan-keunggulan yang ditawarkan WR250R.

Baca juga:

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo
Yamaha R25 versi ABS

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Yamaha masih melakukan pengkajian terhadap Pertamax Turbo.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016