'Godfather' Nissan Meninggal Dunia di Usia 105 Tahun

Yutaka Katayama
Sumber :
  • superstreetonline

VIVA.co.id - Kabar duka datang dari keluarga besar Nissan Motor. Mantan presiden Nissan Motor Amerika Serikat (AS), Yutaka Katayama, meninggal dunia di usia 105 tahun.

Katayama menjadi sosok penting dalam kiprah Nissan meramaikan persaingan dunia otomotif. Pria yang juga akrab disapa 'Mr K' ini yang pertama kali memperkenalkan mobil-mobil sport Nissan di AS.

Nama Katayama populer di AS setelah sukses menghadirkan mobil sport Z Nissan di era 1970an. Tak heran jika ia juga kerap dijuluki sebagai 'father of the Z' setelah sukses melakukan ekpansi di negeri Paman Sam.

Dilansir nzherald, Katayama yang memutuskan pensiun dari Nissan pada 1977 itu meninggal di sebuah rumah sakit Tokyo karena gagal jantung. Hal itu diungkapkan langsung oleh anaknya, Mitsuo.

Meninggalnya Katayama ini membuat para fans mobil sport Z Nissan di seluruh penjuru dunia berduka. Kata-kata Katayama yang sangat legendaris tentu akan selalu dikenang.

"Sebuah mobil seperti sebuah kuda. Saya ingin mengendarai sebuah ras yang selaras dengan detak jantung saya. Tapi bukan sesuatu yang terlalu dipaksakan untuk orang seperti saya," kata Katayama.

Nissan telah kehilangan salah satu sesepuhnya. "Dengan kecintaannya pada mobil dan sebuah suar untuk promosi, dia membangun brand Datsun, nama awal Nissan di Amerika Serikat," tulis keterangan resmi Nissan.

Baca juga:

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Pemerintah tidak akan membocorkan rahasia perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016