Pasutri Ini Keliling 180 Negara dengan Mobil Jadul

Emil dan Lilian Schmid
Sumber :
  • trekity

VIVA.co.id - Melakukan perjalanan dengan pasangan memang lebih mengasyikkan. Hal ini pun dilakukan pasangan suami istri (pasutri) Emil dan Lilian Schmid yang berkeliling dunia dengan menggunakan Toyota Land Cruiser FJ 60.

Dilansir Autoevolution, Rabu 25 Februari 2015, meski menggunakan Land Cruiser tua keluaran 1982, perjalanan Emil dan Lilian diperkirakan telah menempuh jarak 692.000 kilometer dan singgah di 180 negara.

Awal mula perjalanan pasangan asal Swiss ini dimulai pada 1984. Saat itu, Emil mengatakan kepada sang istri akan melakukan perjalanan panjang. Namun, ternyata Lilian pun menginginkan hal yang sama.

Pada ekspedisi pertama, mereka menerbangkan Land Cruiser dari Islandia menuju New York. Mereka pun menyusuri sejumlah wilayah di Amerika Utara selama dua tahun.

Tak puas sampai di situ, mereka memutuskan untuk melakukan perjalanan menuju Amerika Selatan, menyeberang ke Afrika, lalu Australia, Asia dan kembali ke Eropa. Perjalanan tersebut ditempuh dalam waktu 10 tahun.

Karena perjalanan mengelilingi Bumi dengan mobil untuk pertama kali, pasangan tersebut berhasil masuk dalam daftar Guinness World Record pada 1997.

Tentu saja selama perjalanan, kerap terjadi masalah. Di antaranya pernah terjadi as roda patah. Beruntung datang bantuan dari klub Land Cruiser lokal. Kejadian itu juga tak menyurutkan ambisi mereka dan perjalanan kembali dilakukan.

Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun

Agar tetap merasa nyaman, mobil asal Jepang tersebut sedikit dimodifikasi guna menunjang perbekalan selama perjalanan, di antaranya tangki tambahan untuk minum (jeriken), tempat tidur darurat, meja, kursi, alat masak, penetralisir air, kelambu, dan lainnya.

Sebagian besar petualangan mereka diceritakan ke dalam blog, berupa rekam video dan juga foto. Menurut data Guinness, pada 16 Juli 2014, dengan menggunakan Land Cruiser, mereka telah melakukan perjalanan sejauh 692.227 km (430.130 mil) dan mengunjungi 180 negara. (art)

Baca juga:

Kolektor Ditolak Beli LaFerrari Edisi Terbatas

Mobil konsep Bugatti

Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini

Ada Bugatti Chiron dan Vision Gran Turismo di garasi rumahnya.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016