Lamborghini Madura, Mobil yang Terinspirasi Karapan Sapi

Lamborghini Madura Konsep.
Sumber :
  • www.lambocars.com

VIVA.co.id - Lamborghini merupakan sebuah supercar buatan negeri Italia yang terkenal mewah dan bermesin brutal. Sudah banyak produk yang ditetaskan dan telah dimiliki para saudagar tajir yang mengidamkan mobil mewah bertenaga mumpuni ini.

Namun, tahukah Anda jika ternyata Lamborghini punya satu mobil konsep yang dibangun dari inspirasi karapan sapi di Madura, Indonesia. Ya, setidaknya mobil itu pernah diperkenalkan pada 2010.

Mobil bernama Lamborghini Madura itu memang belum melakoni debutnya. Menurut situs Lambocars.com, Lamborghini Madura baru akan meluncur pada 2016.

Diceritakan, cikal bakal mobil ini adalah sebuah proyek bernama Lamborghini Raw Materials Project yang digawangi oleh Prof. Dr. Othmar Wickenheiser dan Slavche Tanevsky yang merupakan mahasiswanya.

Sang profesor memiliki ide untuk melibatkan mahasiswa bergabung dalam perencanaan produk Lamborghini.

Nama Madura dipilih oleh Lamborghini karena tradisi karapan sapinya. Sepanjang sejarah, Lamborghini memang kerap menamakan mobilnya dengan sesuatu yang berhubungan dengan binatang banteng yang merupakan hewan favorit Ferruccio Lamborghini, pendiri perusahaan pembuat mobil super ini.

Mobil Terbaru Lamborghini, Wujud dan Harga Sama-sama Buas

Sebelum Madura, hanya dua nama Lamborghini yang tidak berhubungan dengan banteng yaitu Countach dan Silhouette.

Bicara desain, Lamborghini bermesin hybrid ini memang terlihat sangar dan sepintas mirip sekali dengan Batmobile --mobil yang kerap dipakai Batman. Kesan yang ingin dihadirkan pada mobil ini sepertinya memang tampan dan cepat, namun tak melupakan keramahan terhadap alam.

Secara proporsional, mobil ini memiliki wheelbase lebih pendek, dan overhang sama panjang. Wheelbase pendek sengaja dilakukan agar memberikan kelincahan yang lebih baik dan kinerja mengemudi sang pembesut agar mudah dalam melakukan manuver di jalanan.

Yang unik, terdapat permukaan visual layering tipis yang merupakan bagian dari elemen tubuh yang terpisah. Alhasil, tubuh Lamborghini Madura pun terlihat berpenampilan eksentrik.

Desain Lamborghini Madura sekilas memang mirip dengan Lamborghini Reventon. Namun, Madura terlihat lebih kekar dan futuristik. Beda dengan Lamborghini lainnya, mesin Madura diletakkan di bagian depan.

Namun demikian, hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak Lamborghini soal dapur pacu yang ditanamkan untuk Madura. Tanevsky memberi bocoran jika Madura tetap akan masuk di kelas supercar karena kecepatan dan power mesinnya. (art)

Mantan Pentolan F1 Ferrari Jadi Bos Baru Lamborghini

Baca juga:

Terdakwa Lamborghini maut, Wiyang Lautnet (24 tahun)

Pengemudi Lamborghini Maut Ingin Jadi Wali Kota

Jika, hakim putuskan Wiyang tak bersalah.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016