Proyek Mobil Apple: 10 Alasan Produsen Mobil Pantas Was-was

Sketsa mobil canggih Apple.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id - Rumor Apple bakal terjun ke dunia otomotif semakin santer terdengar. Perusahaan yang lebih dikenal sebagai pembuat ponsel dan tablet ini tampaknya bakal jadi pesaing serius bagi produsen-produsen mobil.

Dilansir autoexpress, ada banyak alasan yang membuat rencana Apple itu pantas diwaspadai produsen mobil lainnya. Apple bakal menjadi mimpi buruk bagi perusahaan-perusahaan otomotif yang lebih dulu terjun.

Nah, berikut ini 10 alasan mengapa rencana Apple ini perlu ditanggapi serius oleh produsen-produsen mobil yang lebih dulu 'punya nama' di dunia otomotif:

1. Apple punya uang banyak. Perusahaan yang bermarkas di Cupertino, California, Amerika Serikat, ini kabarnya memiliki kekayaan sebesar US$180 triliun untuk digelontorkan di proyek ambisius ini. 

2. Banyak pegawai senior Apple yang sebelumnya bekerja di industri otomotif mulai dari wakil presiden Eddy Cue (Ferrari) hingga Marc Newson yang mendesain mobil konsep Ford 021C 1999.

3. Sebenarnya telah belajar banyak dalam bisnis otomotif termasuk saat bekerja sama dengan pabrikan mobil untuk penerapan software CarPlay.

4. Perusahaan mobil sebenarnya bukan rival sesungguhnya Apple. Hanya Google yang mungkin dapat menjadi ancaman bagi Apple.

5. Apple punya jalur penjualan yang menggurita di seantero dunia untuk dapat memasarkan mobil Apple.

6. Rencana Apple membajak para pegawai pabrikan mobil tentu menjadi ancaman serius bagi pabrikan mobil lainnya.

7. Mobil-mobil saat ini banyak yang dikembangkan dengan basis software. Untuk urusan ini Apple tentu di atas angin.

8. Menurut Wall Street Journal, Apple kabarnya telah berbicara dengan beberapa produsen potensial.

9. Apple punya potensi mencaplok Tesla. Terlebih saat ini Apple dikabarkan tengah mulai membajak para pegawai Tesla untuk memuluskan ambisi mereka membuat sebuah mobil.

10. Apple adalah perusahaan paling berharga di planet bumi ini. Selain kaya, perusahaan ini juga telah memiliki pelanggan yang menggurita. (one)

Baca juga:

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Kepala Desain Mobil General Motors Resmi Pensiun
Wakil Presiden Jusuf Kalla

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Pemerintah tidak akan membocorkan rahasia perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016