SPG Pamer 'Tonjolan' Ditiadakan di Pameran Mobil China

Bangkok Motor Show 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Dwifantya Aquina

VIVA.co.id - Rumor yang menyebutkan tak akan ada lagi gadis-gadis Sales Promotion Girl (SPG) seksi di pameran mobil Shanghai Auto Show 2015 menjadi kenyataan. Kabar ini dikonfirmasi surat kabar milik negara, ChinaDaily mengutip pengumuman oleh penyelenggara yang dikirim ke semua peserta, kemarin.

Dilansir CarNewshina, Kamis 26 Februari 2015, langkah ini sengaja ditempuh sebagai bagian dari kampanye baru oleh Pemerintah China terhadap segala sesuatu yang dianggap vulgar. Pada akhir tahun lalu, kampanye marak disuarakan dengan target drama TV lantaran ditemukan banyak pamer belahan dada pada layar televisi.

"Pameran yang menyuguhkan 'daging manusia' telah menjadi pengaruh sosial yang sangat buruk," tulis CarnewsChina.

Sementara itu, menurut pengumuman yang dikeluarkan penyelenggara, wanita muda dengan penampilan memikat tidak akan lagi menghiasi pameran mobil di Shanghai International Automobile Industry Exhibition yang digelar pada bulan April.

"Perusahaan harus fokus pada kualitas produk dan teknologi," kata sebuah pengumuman dari penyelenggara. "Menunjukkan Auto seharusnya memberikan penonton sebuah kenikmatan seni. Kami berharap peserta pameran mempromosikan produk mereka dengan cara yang sehat dan berkelas. Kegiatan dengan rasa rendah dan orang-orang yang melanggar moralitas sosial dilarang."

Penyelenggara mengatakan keputusan itu telah dibuat berdasarkan kesepakatan yang diperoleh setelah mencari pendapat dari seluruh peserta pameran.

Pada tahun 2012, Kantor Pengembangan Etika Capital Beijing juga pernah mengatakan di situsnya jika pakaian minim para model di Beijing Auto Show telah memiliki dampak sosial yang negatif.

"Auto (pameran otomotif) di kota-kota lain juga harus berhenti menggunakan model. Ini juga baik untuk membatalkan pertunjukan selebriti," ujar Yang Xueliang, kepala humas departemen Zhejiang Geely Holding Group, salah satu produsen mobil utama China.

"Berikan acara mobil murni kembali ke pelanggan," ujar dia.

"Model-model yang mengenakan kostum hanya membuat kerdil profesi model," ujar mantan model asal Beijing, Dang Jiani. "Model mengenakan gaun yang tidak pantas akan merusak citra produk. Mobil tidak ingin melihat itu."

Baca juga:

Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka
Wakil Presiden Jusuf Kalla

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

20 tahun lalu kita masih impor, sekarang kita masuk ke manufacturing.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016