Ini Bahayanya Pakai Boks di Belakang Motor

Box utility.
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id - Dewasa ini, banyak pengendara motor yang menggunakan aplikasi box utility pada tunggangan mereka. Tujuannya, agar dapat menambah muatan barang bawaan mereka.

Namun, apakah sebenarnya penambahan box utility diperbolehkan? Lantas, bagaimana dampaknya terhadap motor?

Dilansir WeloveHonda, ternyata penggunaan box utility tidak diperkenankan pada sepeda motor. Sebab, pemasangan peranti ini akan membuat mesin bekerja lebih berat dari biasanya, apalagi jika terisi penuh.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Biasanya, motor yang kerap menggunakan box utility adalah jenis bebek (mopad) atau motor jenis sport. Sebab, motor jenis tersebut tidak memiliki ruang bagasi atau tak luas.

Sejatinya, aturan ini juga sudah disampaikan dalam buku panduan sepeda motor yang tidak dianjurkan untuk mengubah atau menambah modifikasi. Hal ini untuk mengantisipasi kerusakan pada bracket atau lebih parah pada rangka.

Selain itu, aturan ini ditulis agar tak memengaruhi riding pembesut saat bermanuver di jalan raya. Terlebih, box juga bisa membahayakan pengendara lain saat bermacet ria di jalanan perkotaan.

Namun, jika memang sangat membutuhkan box utility, dianjurkan menggunakan dengan ukuran yang kecil, dan sesuai dengan ukuran motor. Jika hanya sekadar membawa jas hujan, Anda bisa menggunakan bungee cord, yakni seuntai karet tebal yang punya pengait di setiap ujungnya. (art)

Baca juga:

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017