Pemerintah Desak Suzuki Segera Ekspor Moge

Ekspor Suzuki Address
Sumber :
  • Antara/Zabur Karuru

VIVA.co.id - PT Suzuki Indomobil Motor untuk kali pertama mengekspor skuter matik Suzuki Adrress ke 24 negara yang tersebar di Eropa, Asia dan Oceania. Kini pihak Suzuki diharapkan pemerintah juga akan merambah model-model yang lain termasuk motor gede (moge).

Desakan mengekspor motor gede ini datang dari Menteri Perindustrian, Saleh Husin. Menurut kader dari partai Hanura ini, sudah saatnya Suzuki untuk mengekspor motor dengan mesin 250 cc. Namun, Suzuki tentu harus lebih dulu menyiapkan model yang ideal di kelas 250 cc yang tentu layak untuk di ekspor.

"Kami akan dukung semua yang diperlukan pelaku usaha supaya nyaman berinvestasi di Indonesia," kata Saleh saat meresmikan ekspor perdana Address di pabrik Suzuki Tambun, Bekasi, Jumat, 27 Februari 2015.

Saleh juga menyatakan, guna mengembangkan sepeda motor 250 cc tentunya secara desain dan spesifikasi harus memenuhi standar kualitas global sehingga dapat dijual di sejumlah negara maju di Eropa.

Keyakinan Saleh terhadap Suzuki untuk mengekspor motor besar tak lain karena perkembangan industri otomotif Tanah Air terus mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan keberhasilan Suzuki mengekspor skuter matik Address ke sejumlah negara.

"Untuk menembus pasar Eropa saya kira tidak mudah karena spesifikasi yang dimiliki tinggi dan ada tantangan berat. Namun patut dihargai karena akhirnya produk Indonesia bisa masuk ke pasar yang kompetitif," jelasnya.

Menurut Saleh, dari 20 ribu unit Suzuki Adrress yang diekspor per tahun, nantinya akan dikembangkan hingga mencapai 200 ribu di 2019. Ia juga berjanjii akan menerapkan kebijakan strategis untuk memajukan otomotif di Tanah Air.

Baca juga:

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Suzuki New SX4 S-Cross di GIIAS 2016.

Ini Mobil-mobil Terbaru Suzuki di GIIAS

New SX4 S-Cross membawa sejumlah fitur baru.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016