Alasan Yamaha Tak Persenjatai R15 dengan ABS

Yamaha R15 berkelir Streaking Cyan.
Sumber :
  • Indianautoblog

VIVA.co.id - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing akhirnya meluncurkan motor sport YZF-R25 versi ABS (Anti-lock Braking System) ke Indonesia. Lalu, bagaimana nasib saudaranya, R15?

YZF-R25 versi ABS baru saja diluncurkan. Dengan senjata baru ini, YZF-R25 diprediksikan akan menjadi penantang serius Kawasaki Ninja 250 R dan Honda CBR250 R. Motor ini dibanderol Rp59 juta dengan status on the Road Jakarta.

Hadirnya R25 versi ABS menimbulkan tanda tanya, apakah sistem pengereman anti slip itu juga akan diterapkan pada model yang lain, termasuk Yamaha R15. Namun, rupanya pihak Yamaha masih belum berencana memasangkannya ke R15.

"Kalau R15 itu power-nya masih kecil, jadi buat apa ABS. ABS mending untuk yang power-nya besar. Jadi, R15 belum ada rencana," kata GM After Sales & Motorsport PT YIMM M Abidin saat ditemui di Sentul, Bogor, 2 Maret 2015.

Abidin menambahkan, motor yang ditanami pengereman ABS memiliki segmen tersendiri. "Tidak semua orang butuh pengereman ABS. Ada sebagian konsumen cukup memainkan tangannya saat pengereman," ujar Abidin.

Seperti diketahui, Yamaha R15 yang diluncurkan pada Mei lalu itu langsung menggebrak pasar roda dua nasional. Sebab, motor sport full fairing ini dijual lebih murah dari para pesaingnya seperti Honda CBR 150 R dan Kawasaki RR Mono.

Yamaha R15 langsung diproduksi di Indonesia, tepatnya di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur. Dengan mesin 150 CC, 4 Valve SOHC yang menyemburkan tenaga 16,67 Hp dan torsi 15 Nm, motor sport ini masih dipersenjatai sistem keamanan menggunakan rem cakram pada kedua rodanya. (asp)

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?



Baca juga:

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo

Wajah Skuter Terbaru Yamaha Mirip Vespa

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya