Pabrik Chevrolet di Bekasi Tutup, Ternyata Pindah ke India

Mobil Keluarga Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Raksasa otomotif asal Amerika Serikat, General Motors (GM), memastikan akan menutup pabriknya di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat per awal Juli 2015. Pabrik itu diketahui sejak April 2013, dioperasikan untuk membuat mobil Chevrolet Spin.

Namun, karena kurang bersinar, alias sepi peminat di Indonesia, GM memilih menutup lakon debut mobil bergenre Multi Purpose Vehicle (MPV) itu.

Sebelumnya, Direktur Komunikasi dan Humas PT GM Indonesia, Maria Sidabutar mengatakan, penutupan "markas" mereka di Bekasi, dilakukan lantaran biaya produksi yang terlalu tinggi. Sementara itu, daya serap kendaraan yang diminati masyarakat Indonesia terhadap Chevrolet Spin rendah.

"Beberapa faktor utama pabrik ditutup, antara lain biaya material yang tinggi. Sebab, sebagian besar komponen masih diimpor, ditambah nilai tukar rupiah belakangan yang memburuk. Selain itu, pasokan lokal untuk Spin masih sangat terbatas," ujar Maria kepada VIVA.co.id.

Kini, informasi terbaru menyebutkan bahwa nasib pabrik tersebut, ternyata akan dipindah ke India. Dilansir Rushlane, Selasa 3 Maret 2015, media otomotif India itu mengatakan bahwa kepastian itu menyeruak, setelah pihak GM di sana mengonfirmasi hal tersebut.

Saat ini, diketahui GM sudah memiliki cangkang bisnis, mulai dari fasilitas dan kebutuhan manufakturnya di sana. Sedianya, barang-barang yang semula ada di pabrik Chevrolet Pondok Ungu, Bekasi, akan diboyong ke India untuk meluncurkan Chevrolet Spin di sana.

GM mengonfirmasi, peluncuran Spin di India baru akan dilakukan pada 2016 mendatang. Mobil itu, rencananya sengaja dihadirkan untuk merebut ceruk menggairahkan pasar MPV yang saat ini dikuasai Honda Mobilio, Maruti (Suzuki) Ertiga, Hyundai Hexa Space, dan Renault lodgy.

Menteri Perindustrian, Saleh Husin, pun mengamini rencana GM tersebut. Kemarin, Senin 2 Maret 2015, Saleh Husin mengatakan bahwa pabrikan Amerika itu akan coba mencari peruntungan baru di India.

Benarkah GM 'Trauma' Buka Pabrik Mobil di Indonesia?

"Rencananya, mesin-mesin yang ada di pabrik itu akan dipindahkan ke India," ujar Saleh. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

Usai 'Lempar' Trax, GM Bakal Luncurkan Model Baru?

Chevrolet Tawarkan Banyak Diskon Servis di Bintaro

[/vivamore]
Ed Welburn pensiun dari General Motors

Kepala Desain Mobil General Motors Resmi Pensiun

Ia akan digantikan Michael Simcoe.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016