Jadi Mobil Terbaik Eropa, Apa Kehebatan Volkswagen Passat?

Volkswagen Passat di Geneva International Motor Show 85th
Sumber :
  • REUTERS/Arnd Wiegmann

VIVA.co.id - Volkswagen Passat 2015 dinobatkan sebagai mobil terbaik atau Car of the Year 2015 di kawasan Eropa. Lalu apa saja keunggulan dan spesifikasi dari mobil bertipe sedan ini?

Volkswagen Passat 2015 berhasil mengalahkan mobil-mobil lainnya mulai dari Citroen C4 Cactus, Mercedes-Benz C-Class, BMW 2 Series Active Tourer, Ford Mondeo, Nissan Qashqai hingga Renault Twingo.

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Lantas seberapa menarik mobil yang kini menjadi mobil terbaik di Eropa 2015 ini? Generasi ke-8 Passat ini memang mengalami beberapa evolusi bagik secara desain maupun jantung pacunya.

Dengan dimensi lebih pendek 2 sentimeter dari model sebelumnya, mobil ini memiliki panjang 4.767 mm. Namun untuk lebar, mobil 12 mm lebih lebar dari pendahulunya, yakni 1.832 mm.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Sedangkan tinggi dipangkas 14 mm menjadi 1.456 mm. Untuk jarak wheelbase menjadi lebih panjang 2.791 mm. Sedangkan bobot Passat 2015 diklaim lebih ringan dari model sebelumnya yang dipangkas hingga 85 kilogram. Kini, mobil ini hanya memiliki berat total 1.312 kilogram.

Sejumlah fitur menarik juga turut disematkan pada mobil ini demi membuat nyaman sang pengemudi. Diantaranya dengan suspensi yang digunakan pada bagian depan MacPherson struts ringan dan bagian belakang multi-link.

Semua varian Passat 2015 dilengkapi Full LED dan juga Dynamic Light Assist, selain itu mobil ini juga dilengkapi dengan Active Info Display, Park-Assist dengan 360-degree Area View.

Belum lagi untuk fitur keamanan mobil ini telah diterapkan Side Assist with Rear Traffic Alert, Traffic Jam Assist maupun City Emergency Braking, serta beberpa terobosan baru lainnya. Lebarnya dimensi mobil ini, tentu saja membuat bagian kabin ikut bertambah lega. Bahkan ruang bagasi juga ikut menjadi lapang.

Lalu bagaimana dengan dapur pacunya? Untuk dapur pacu, VW Passat 2015 versi standar mengusung 1.4 TSI Direct Injection Turbocharged yang menghasilkan tenaga 125 ps dann 150 ps.

Sementara untuk mesin diesel, mobil ini dilengkapi mesin 1.6-liter berdaya 120 Ps, 2.0-liter bertenaga 150 Ps atau 190 Ps, dan 2.0-liter lengkapi dengan twinturbo yang menghasilkan 240 Ps.

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya