VIDEO: Tekan Tombol, Kaca Helm Ini Berubah Warna

Ilustrasi.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id - Pagi para pengendara motor, kaca helm memegang peranan yang sangat penting. Selain sebagai penghalang angin dan hujan, kaca juga berfungsi sebagai pelindung mata dari kerikil atau batu yang kadang terlontar dari ban kendaraan di depan.

Saat Sang Gadis Bertanya Soal Kedaluwarsa Helm

Namun sayangnya, cuaca menjadi salah satu ganjalan pemakaian jenis kaca helm. Saat matahari bersinar terik, maka kaca yang ideal adalah yang gelap. Sementara saat malam hari, pengendara butuh kaca bening untuk bisa melihat jalanan dengan lebih jelas.

Berangkat dari hal ini, perusahaan helm terkenal asal Italia, AGV, meluncurkan produk kaca helm terbaru. Dilansir dari situs Autoevolution, Rabu 4 Maret 2015, pabrikan yang menjadi sponsor beberapa tim MotoGP ini menggabungkan teknologi layar LCD dengan kaca helm.

Helm Pembalap MotoGP Jadi Buruan di IIMS

Dengan menggunakan teknologi electrochromatic, kaca helm AGV dapat berubah warna, hanya dengan menekan sebuah tombol saja. Pilihan warna yang disediakan ada tiga, yakni bening, semi gelap dan gelap. Uniknya, meski pengendara memilih jenis warna paling gelap, namun pandangan ke luar tetap cukup ideal untuk mengendarai motor.

Electrochromatic adalah teknologi yang terdiri dari lapisan LCD bening tipis, dan dihubungkan ke catu daya. Saat diberi aliran listrik dengan jumlah tertentu, bahan kimia yang ada di dalam LCD akan bereaksi dan menghasilkan warna tertentu.

Helm Antibau Khusus Wanita, Harganya Rp3 Juta

Sayangnya, saat ini kaca helm canggih tersebut hanya tersedia untuk helm tipe tertentu buatan AGV saja, yakni GT Veloce, Pista dan Corsa. Harganya juga cukup fantastis, yakni dibanderol US$223 atau sekitar Rp2,9 juta.

Anda dapat menyaksikan videonya di bawah, atau klik tautan ini

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya