Tantang Vario 125, Ini Perubahan Soul GT

Yamaha All New Soul GT 125 Blue Core.
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Kebutuhan sepeda motor jenis matik semakin meningkat. Hal ini membuat Yamaha Indonesia terus mengembangkan berbagai jenis produknya. Kali ini, perusahaan berlambang Garpu Tala ini meluncurkan generasi terbaru skutik Mio Soul, yaitu All new Soul GT.

Ini Daftar Motor Terbaik Sepanjang 2015, Ada 11 Kategori

Pertama kali mengaspal di Indonesia pada 2007 silam, kelahiran Soul GT masih menggunakan karburator dengan konsep maskulin, gagah dan sporty. Fase berikutnya, motor matik ini kembali melakukan evolusi di 2012, dengan disematkannya teknologi YMJET-FI (Yamaha Mixture Jet-Fuel Injection) serta desain yang berbeda dan lebih moderen.

Kini, Yamaha Indonesia kembali meluncurkan All New Soul GT dengan segudang keunggulan, yang salah satunya adalah tampilan dan desain maskulin "premium muscle", membuat motor ini tampak lebih garang. Selain itu, dengan mengusung teknologi Blue Core, motor matik ini diklaim lebih bertenaga dan irit bahan bakar.

Daftar Motor Terlaris di Indonesia Sepanjang 2015

“Khusus di tipe ini, lebih gagah tampangnya, desain yang kita jual. Mesinnya sama (Mio M3), desain sangat berbeda dan kami juga melakukan perbaikan performa,” ujar Dyonisius Betty, Executive Vice President Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), saat peluncurannya, Selasa malam, 3 Maret 2015.

Sederet perubahan memang terlihat pada All New Soul GT. Bodi motor tampak lebih gagah dan compact. Selain itu, tampilan makin segar dengan bagian lampu depan yang mengusung teknologi LED. Belum lagi bagian lampu sein yang terinspirasi Yamaha NMAX pada panel depan.

Alasan Yamaha MT-03 Tak Dijual di Indonesia

Dengan harga Rp15,1 juta on-the-road Jakarta, sejumlah fitur tidak ketinggalan juga disematkan, mulai dari Eco Lamp Indicator, bagasi yang mampu menampung helm half face dengan daya tampung mencapai 14 liter dan jok dengan busa yang tebal.

Perbedaan model ini dengan Soul GT generasi sebelumnya juga terlihat pada emblem tiga dimensi Soul GT dan handle seat yang menyerupai tanduk predator.

Belum sampai disitu, pada bagian kaki-kaki, penantang Honda Vario 125 ini juga dipasang velg lebih lebar, dengan ukuran ban depan 80/80 dan ban belakang 100/70.

Untuk memberikan pilihan kepada konsumen, All New Soul GT hadir dengan empat varian warna, yaitu Challenger Gunmetal (abu-abu), Victory Red (merah), Bravery Black (hitam), dan Explorer White (putih).

Berikut Spesifikasi lengkap All New Soul GT

DIMENSI

P X L X T : 1870 mm X 685 mm X 1070 mm

Jarak sumbu roda : 1260 mm

Jarak terendah ke tanah : 135 mm

Tinggi tempat duduk : 760 mm

Berat isi : 96 kg

Kapasitas tangki bensin : 4,02 liter

MESIN

Kapasitas mesin : 125 cc

Tipe mesin : Air cooled 4-stroke, SOHC

Jumlah / Posisi silinder : Single cylinder

Dimater X Langkah : 52,4 8 57,9 mm

Perbandingan kompresi : 9,5 : 1

Daya maksimum : 7.0 kW / 8000 rpm

Torsi maksimum : 9,6 Nm / 5500 rpm

Sistem starter : Electric & kick starter

Sistem pelumasan : Basah

Kapasitas oli mesin : Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 ; Ganti filter oli =0,80 L

Sistem bahan bakar : Fuel injection

Tipe kopling : Kering, Centrifugal automatic

Tipe transmisi : V-belt automatic

RANGKA

Tipe rangka : Underbone

Suspensi depan : Teleskopik

Suspensi belakang : Unit swing

Ban depan : 80/80 - 14M/C 43P

Ban belakang : 100/70 - 14M/C 51P

Rem depan : Single disc brake

Rem belakang : Drum brake

KELISTRIKAN

Sistem pengapian : TCI

Battery : YTZ4V / GTZ4V

Tipe busi : NGK / CR6HSA

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya