10 Fitur Canggih di Versi Terbaru Mobil Kepresidenan Jokowi

Mercedes Maybach S600 Pullman.
Sumber :
  • www.carscoops.com

VIVA.co.id - Pameran mobil berskala dunia, Geneva Motor Show 2015, resmi dibuka. Acara tahunan yang bertempat di Swiss ini diketahui merupakan salah satu kiblat perusahaan otomotif dunia untuk adu
gengsi memamerkan mobil-mobil andalannya, baik konsep maupun yang resmi akan diproduksi.

Setidaknya, acara ini diikuti puluhan pabrikan ternama, termasuk berbagai raksasa otomotif di dunia seperti Honda, Toyota, Nissan, General Motors, Volkswagen, Bugatti, Lamborghini, Rolls-Royce, McLaren, Mercedes-Benz, Jeep, Dodge, dan masih banyak yang lainnya.

Dari sekian banyak mobil yang dipamerkan, ada salah satu kendaraan yang sukses menyedot perhatian, yakni Merecedes Maybach S600 Pullman. Demikian dilansir Autoevolution, Rabu 4 Maret 2015.

Mobil itu diketahui merupakan kendaraan versi terbaru dari model S600 Pullman Guard yang dipakai Presiden Indonesia, Joko Widodo, sebagai tunggangan dinas kenegaraannya.

Dilaporkan, mobil yang dibanderol seharga US$570.465, atau setara Rp7,4 miliar (kurs Rp12.987 per dolar AS) ini dilengkapi berbagai piranti keamanan yang syarat dengan teknologi mutakhir. Salah satu kelebihan mobil mewah ini adalah berlapis baja untuk melindungi pembesutnya dari serangan bom maupun senapan serbu.

Mercedes-Benz Indonesia Tertarik Pasarkan Pikap

Intelligent drive: The system can brake from 30mph to zero should something step into your path

Yang paling menarik, sedan limousin Mercedes Maybach S600 Pullman ini dilengkapi dengan beberapa fitur mumpuni. Dicatat This is Money, ada 10 fitur menarik yang dijejali. Apa saja?



1. Sabuk pengaman

Jet darat yang dipastikan akan dimiliki kalangan tajir ini ternyata dilengkapi kantung udara (airbag) pada sabuk pengamannya. Perusahaan sepertinya memandang perlu menghadirkan piranti ini untuk mengurangi risiko tulang rusuk memar saat kecelakaan.

2. Kursi pemijat

Dua kursi penumpang yang menghadap ke depan ternyata dilengkapi fitur pemijat. Kursi tersebut juga dilengkapi dengan bantal udara dengan sistem pemanas yang dapat memijat si pembesut setelah menekan tombol yang tedapat di kursi tersebut.

Mercedes-Benz Boyong Tujuh Mobil Baru ke GIIAS 2016

Sementara dua kursi penumpang menghadap ke belakang, tidak dilengkapi fitur memanjakan ini.

3. Meja makan dan kulkas

Mercedes Maybach S600 Pullman juga dilengkapi dengan sebuah meja makan yang terdapat di antara kursi. Fitur ini berlaku untuk empat kursi penumpangnya. Meja makan ini terdapat di konsol tengah.

Tak hanya meja makan, di bagian tengah kursi juga terdapat sebuah kompartemen berisi kulkas alias lemari es untuk menyimpan beberapa makanan atau sampanye dengan temperatur terkendali.

4. Pemanas tangan

Mobil canggih ini memiliki fitur eksentrik yang tak banyak dibuat pabrikan lain. Ya, limousin ini memiliki pemanas pada sandaran tangan kursi. Alhasil, tangan si pembesut pun dipastikan akan terus hangat selama perjalanan.

5. Gelas sampanye perak

Sepasang gelas sampanye berlapis perak yang dibuat German Silversmith Robber & Berking terjejal di mobil ini. Gelas-gelas ini terdapat di sebuah kompartemen dekat bahu penumpang yang ditempatkan tersembunyi lengkap dengan sebuah nampan perak.

Mercy Bakal Pamerkan All New Mercedes-Benz E-Class di GIIAS

6. Pengharum aktif

Soal wangi-wangian, tidak perlu menghadirkan pengharum mobil di kendaraan ini. Sebab, sudah ada aroma pilihan yang akan menyeruak memenuhi hidung pembesut di seluruh kabinnya.

Ini semua merupakan bagian dari sistem Air Balance kendaraan yang menyaring spora dan serbuk sari dari udara yang dapat membunuh semua bakteri.

Prime features: Inside the motor, there are added extras such as a heated armrest and silver-plated champagne flutes

7. Atap bercahaya

Atap mobil ini juga tergolong canggih. Sebab, langit-langit mobil ini dapat beralih ke gelap dan terang sesuai dengan keinginan penumpang, dengan hanya satu sentuhan tombol.

Panggilan analog yang ada di atap juga dapat memberikan informasi kepada penumpang mengenai suhu di luar, kecepatan kendaraan, dan waktu.

8. Tv layar lebar

Partisi kaca yang terdapat di dalam mobil ini ternyata bisa berubah menjadi sebuah televisi dengan layar monitor besar. Cukup dengan satu sentuhan tombol, kaca buram itu akan menjadi terang. Layar itu juga bisa digunakan sebagai komputer yang dapat dinaik dan diturunkan.

9. Speaker robot

Speaker dengan frekuensi tinggi (tweeter) terdapat pada pintu spiral keluar ketika diaktifkan. Tujuan dari adanya fitur ini adalah lebih mendekatkan suara dengan telinga penumpang.

Yang menarik, audio ini sudah didesain sedemikian rupa dan dapat meningkatkan volume suara penumpang saat berbicara dengan sopir. Sehingga, Anda tidak perlu berteriak ketika berbicara.

10. Teknologi self driving

Mercedes sadar betul dengan keamanan. Maka itu, mereka membuat sistem sederhana bagian dari self driving. Sebuah sensor inframerah yang terdapat pada mobil dapat membuat rem berhenti sendiri dengan aman saat ada orang atau binatang yang tiba-tiba melintas.

Atau, jika kendaraan sudah sangat dekat, mobil ini akan berbelok ke celah yang aman untuk menghindari objek tersebut tanpa disadari si sopir.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya