Ternyata Bisa Tangkal Begal Motor dengan Bluetooth

Apple Watch Edition
Sumber :
  • Apple Insider
VIVA.co.id
Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya
- Di dunia otomotif, teknologi
bluetooth
Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016
banyak sekali digunakan, mulai dari alat komunikasi hingga sistem hiburan nirkabel. Bahkan saat ini sudah ada beberapa komputer jinjing yang dapat berkomunikasi dengan komputer mobil melalui sinyal jarak pendek ini.
Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam

Kini, seperti yang dilansir dari situs Autoevolution, Rabu 4 Maret 2015, bluetooth akan mulai merambah ke produk roda dua. Selain helm yang bisa terkoneksi dengan ponsel, nantinya bluetooth juga bisa digunakan untuk menggantikan fungsi kunci sepeda motor.

Uniknya, komunikasi yang dilakukan oleh komputer motor tidak akan tersambung ke ponsel, melainkan 'jam tangan pintar'. Salah satu kandidatnya adalah produk buatan Apple, yakni Apple Smart Watch.

Meski belum bisa dibeli dengan resmi, namun kehadiran Apple Smart Watch sudah ditunggu-tunggu oleh sebagian besar kalangan masyarakat, termasuk para pecinta otomotif. Para produsen aksesori sudah mulai merancang produk yang dapat terhubung ke jam tangan ini, mulai dari kunci rumah hingga pengatur suhu ruangan.

Seperti kunci rumah elektronik, kunci yang ada pada sepeda motor terhubung ke sistem komputer. Sistem ini akan mendeteksi apabila ada sinyal bluetooth yang dikirimkan Apple Smart Watch, dan secara otomatis mengatur kontak pada posisi on.

Saat selesai bepergian, pengendara cukup turun dari jok dan menjauhi motor, maka sistem akan otomatis mematikan semua fungsi kendaraan, dan menyalakan sistem alarm. Jika teknologi ini tersedia dengan harga yang cukup murah nantinya, bukan tidak mungkin fitur ini bisa membuat kejahatan begal menurun jumlahnya.

Sayangnya, hingga saat ini, belum ada kabar dari pihak produsen motor, apakah mereka akan mengadopsi teknologi ini atau tidak. Dan mengenai produk yang disediakan oleh pihak ketiga, mereka biasanya baru mengumumkan setelah Apple Smart Watch sudah tersedia resmi di pasaran.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya