All New Soul GT Jadi Blunder Yamaha?

New Mio M3 125 ”Tanpa Kompromi”
Sumber :

VIVA.co.id - Selain bakal menjadi 'malaikat pencabut nyawa' bagi Soul GT lawas, kehadiran All New Soul GT juga disebut-sebut bakal mengancam keberadaan Mio M3 Blue Core. Apa jawaban dari Yamaha?

Motor Yamaha Cocok Diisi Pertamax Turbo?

Keputusan Yamaha meluncurkan All New Soul GT 125cc memang sempat melahirkan tanda tanya. Sebab sebelumnya Yamaha juga telah meluncurkan motor matik Mio M3 Blue Core yang juga berkapasitas 125 cc.

Tak hanya itu, dimensi bodi Soul GT terbaru dan Mio M3 juga sama, yakni dengan panjang 1870 mm, lebar 685 mm, tinggi 1070 mm, jarak sumbu roda 1.260 mm, dan jarak terendah ke tanah 135 mm.

Yamaha Sambut Positif Kehadiran Pertamax Turbo

Dengan mesin tersebut, motor matik yang dapat menampung bahan bakar bensi 4,2 liter ini sanggup menghasilkan daya maksimum 7.0 kW pada 8.000 rpm, dengan torsi 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Demikian juga dengan jantung pacu, yang sama-sama mengusung mesin teknologi Blue Core yang dilengkapi air coooled 4-strooke, SOHC, Single Cylinder dan telah diaplikasikan dengan sistem bahan bakar fuel injection.

Wajah Skuter Terbaru Yamaha Mirip Vespa

Namun pihak Yamaha tampak cukup pede, dua varian motor matik ini tidak akan saling makan di pasar otomotif Tanah Air. Hal itu diungkapkan Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT YIMM.

"Karena keduanya punya target market berbeda, All New Soul GT ditujukan untuk para urban warrior," kata Masykur kepada wartawan.

Hal senada juga diungkapkan General Manager After Sales & Motorsport PT YIMM, M Abidin. Menurut Abidin, spesifikasi kedua motor ini juga sangat berbeda sehingga tak akan terjadi kanibalisme.

Kata Abdin, selain desain, bobot All New Soul GT juga lebih berat empat kilogram daripada Mio M3. "Mio M3 beratnya 92 kg (tipe SW), sedangkan All New Soul GT 96 kg. Lalu perubahan lain bobot roller CVT menjadi 10 gram dari 12 gram (Mio M3). Jadi akselerasi lebih besar dan tetap baik," kata Abidin.

Untuk harga, All New Soul GT saat ini dibanderol Rp15,1 juta dengan
status on the road
Jakarta, sedangkan Mio M3 yaitu Rp13,98 juta untuk jenis CW dan Rp13,08 juta untuk SW.

Baca juga:


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya