5 Supercar yang Dipecundangi Honda Civic di Sirkuit

New Honda Civic Type-R
Sumber :
  • Carscoops
VIVA.co.id
Civic Terbaru Resmi Meluncur, Ini Daftar Lengkap Harganya
- Bagi mereka yang sering turun menjajal sirkuit balap, tentu mengetahui bahwa mobil dengan penggerak roda belakang jauh lebih efektif ketimbang penggerak roda depan. Gejala
oversteer
Honda Civic Terbaru Kepergok Diuji di Jalanan
yang menjadi ciri khas mobil gerak roda belakang dapat lebih mudah ditaklukkan, bahkan terkadang dijadikan sebagai senjata untuk mempercepat catatan waktu.
Honda Civic Bermesin Turbo Siap Meluncur di Indonesia

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, mobil-mobil berpenggerak roda depan mulai diminati oleh para pembalap. Efek understeer pada penggerak roda depan kini bisa dikurangi dengan menggunakan sensor dan perangkat penjaga kestabilan mobil.

Dilansir dari situs Carthrottle, Kamis 5 Maret 2015, Honda baru saja meluncurkan generasi terbaru dari mobil hatchback mereka, yaitu Civic Type-R. Meski ini kali pertama Honda memasang perangkat turbocharger pada Civic, namun satu hal yang tidak berubah, yaitu tenaga mesin tetap disalurkan ke dua roda depan.

Pada 2014 lalu, Civic Type-R versi konsep diuji coba di salah satu sirkuit terkenal, yakni Nurburgring. Sirkuit yang kini mengalami masa krisis tersebut, memang kerap dijadikan sebagai barometer kemampuan mobil-mobil kencang terbaru.

Bukan hanya berhasil membukukan rekor baru dalam kategori mobil berpenggerak roda depan dengan catatan waktu tujuh menit 50 detik, namun mobil yang pertama kali dihadirkan pada ajang Geneva Motor Show 2015 ini juga berhasil mengalahkan beberapa supercar yang pernah mencatat waktu resmi di sirkuit tersebut.

Berikut, lima mobil kencang yang berhasil dipecundangi Civic Type-R di sirkuit Nurburgring, beserta catatan waktunya:

1. Mercedes SL 65 AMG, tujuh menit 51 detik.

2. Ford GT, tujuh menit 52 detik.

3. Lamborghini Gallardo, tujuh menit 52 detik.

4. Ferrari F430, tujuh menit 55 detik.

5. BMW M5, tujuh menit 55 detik.

(asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya