Lima Bus di Luar Kodrat Hasil Sentuhan Modifikasi

Bus milik Shahrukh Khan.
Sumber :
  • www.rediff.com

VIVA.co.id - Modifikasi umumnya dilakukan pada sebuah kendaraan komersial. Namun, seiring tren modifikasi yang terus meluas, sentuhan perubahan kini juga merambah ke berbagai kendaraan besar seperti halnya bus.

Setidaknya, ada lima bus modifikasi yang berhasil mencuri banyak perhatian khalayak. Lantaran, bus-bus itu disulap menjadi sebuah rumah berjalan laiknya hotel berbintang. Ada pula bus yang terkena sentuhan aura balap sehingga nampak sangar dan bertenaga brutal.

Dengan sentuhan perubahan ini, bus-bus itu memiliki tampang tak biasa hingga banyak dipuji orang. Kebanyakan, bus-bus ini dimiliki beberapa orang yang memiliki kocek tebal untuk melepas hobinya terhadap mobil berbentuk besar. Namun, ada pula di antara mereka yang menyulap bus demi menyambung hidup.

Berikut lima bus yang berhasil kami himpun:

1. Bus jadi tempat gym

Bus ini dibuat oleh seorang pria di Amerika Serikat, Adam Zickerman. Ia hadir dengan bus yang menyediakan layanan kebugaran dan membantu warga perkotaan yang membutuhkan olahraga di dekat kantornya.

Untuk memuluskan rencana, pendiri InFord Fitness ini menyediakan berbagai alat olahraga seperti halnya tempat gym, lengkap dengan beberapa instruktur.

Aksesori Mobil Ini Berbahaya Jika Digunakan di Dalam Kota

Cari Nafkah di Kota, Pria Ini Sulap Bus Jadi Tempat Gym

"Mobile gym ini mampu mengatasi keterbatasan waktu untuk berolahraga. Anda tak perlu repot-repot mendatangi tempat kebugaran, bus ini siap mendatangi pelanggan di mana pun mereka mau," tutur Zickerman, seperti dilansir Autoevolution.

Untuk menyulap bus yang ia miliki, Zickerman mengaku harus menggelontorkan dana investasi sebesar US$60 ribu, atau setara Rp785 juta (kurs Rp13.087 per dolar AS).

Meski baru tiga tahun melakoni debutnya, Zickerman mengaku berhasil menjaring banyak pelanggan. Untuk mendapatkan jasa Mobile Gym, ia mematok biaya US$100, atau setara Rp1,3 juta untuk setiap minggunya.

"Harga ini belum termasuk jasa instruktur," tuturnya.



2. Bus pakai jet tempur

Dunia modifikasi memang membuat segala hal yang tidak mungkin menjadi mungkin. Seperti yang terjadi pada sebuah bus sekolah di Indiana, Amerika Serikat, yang disulap memiliki tenaga buas laiknya supercar.

Holden Klasik, Kembali ke Ciri Khas Negeri Kanguru

Gendong Mesin Jet Tempur, Bus Ini Bisa Melesat Gila-gilaan

Dilaporkan Motorauthority, bus sekolah berusia kupak yang diracik oleh rumah modifikasi bernama Indy Boys itu dipasangi mesin jet bermerek General Electric J-79. Alhasil, mobil ini dapat melesat kencang bak pesawat, saat berada di landasan pacu.

Bahkan, saking buasnya tenaga yang dihasilkan mesin jet tersebut, bus ini bahkan dapat menyemburkan api hingga 80 kaki dari afterburner-nya.

Menurut Paul Stender, salah seorang modifikator dari Indy Boys, mesin jet yang dijejali pada bus berkelir kuning itu pernah digunakan pada pesawat tempur F-104 Starfighter di era Perang Dingin.

"Kami menciptakan mobil ini, agar para pelajar menjauhi narkoba dan lebih memilih menyukai dunia otomotif. Tentu, hal ini akan memiliki dampak positif bagi mereka," tutur Stender kepada New York Post.

Lantaran menggendong mesin jet berukuran besar, praktis mobil ini hanya memiliki sedikit ruang. Kata Stender, bus sekolah itu kini hanya dapat menampung tiga orang saja.

Karena menggunakan mesin jet, bus ini juga boros dalam hal konsumsi bahan bakar. Dikatakan Stender, untuk sekali jalan, bus ini bisa menenggak 150 galon BBM.


3. Bus sekolah jadi rumah mewah

Bus ini merupakan hasil karya Hank Butitta, seorang mahasiswa yang baru saja menyelesaikan program master arsitekturnya di University of Minnesota.

Dilansir Autoevolution, ia menyulap bus sekolah tua dan menjadikannya sebuah rumah berjalan dengan interior yang terbilang sangat nyaman untuk tugas akhirnya.

Modifikasi Honda Odyssey: Bunglon yang Mudah Bergaul

Bus Sekolah Istimewa, Disulap Jadi Rumah Mewah

Untuk merancang dan membuat bus rumah tersebut, Butitta dibantu dua orang saudaranya. Bus itu terlihat eksentrik lantaran berpenampilan seperti rumah adat yang didominasi banyak sentuhan kayu.

Sama seperti rumah pada umumnya, bus rumah ini dilengkapi berbagai perabotan untuk melengkapi kebutuhan sang pembesut jika melakukan perjalanan jauh. Di belakang setir, terdapat toilet yang diperuntukkan bagi penumpang membuang hajat.



Di baris kedua, terdapat dapur lengkap yang terdiri dari kompor gas, hingga tempat mencuci piring. Kulkas juga terlihat bertengger di dekat kompor untuk memudahkan para penumpangnya menyimpan bahan makanan yang akan dimasak.

Beberapa langkah dari ruangan itu, terlihat kursi kecil dan pemanas ruangan yang sengaja disiapkan untuk memanjakan si pembesut untuk bersantai. Sementara di ruangan paling pojok alias di belakang bus, tersedia ranjang besar yang dapat menampung dua orang. Ada pula ruangan kecil berisi ranjang untuk bersantai.

Sementara bagian eksterior, Butitta menutupi bagian luar bus dengan ubin kayu dan dilengkapi dengan pintu dan jendela. Namun sayang, meski terlihat mewah, tak disebutkan berapa anggaran yang dikeluarkan untuk menyulap bus tua itu.

4. Bus berinterior hotel

Seorang pria di AS yang tak disebutkan identitasnya berhasil menyulap bus lawas keluaran 1957 menjadi mirip hotel mewah.

Bak Hotel Berjalan, Bus Ini Cocok untuk Saudagar Kaya

Dilansir Carscoops, awalnya, bus bernama Starliner buatan Flxible ini hanya terlihat seperti rongsokan, lantaran gempuran karat telah mengerubungi hampir seluruh badannya. Namun, di tangan sang pemilik, kendaraan ini disulap menjadi ciamik.

http://1.bp.blogspot.com/-ukQAn7kJ-LQ/U-lCPspAOdI/AAAAAAARqBU/8Yu_z1uJ_NI/s1600/Flxible-10.jpg

Meskipun tua, bus ini masih dapat bandel di jalanan berkat mesin diesel-elektrik Cummins yang telah dilengkapi dengan turbocharged. Mesin ini kemudian dikawinkan dengan transmisi enam percepatan overdrive autobox.

http://4.bp.blogspot.com/-AFwpPpUXF94/U-lCcr-SyZI/AAAAAAARqD4/3khs5_GlKQ4/s1600/Flxible-7.jpg

Dengan mesin tersebut, bus masih sanggup melesat di kecepatan 80 mph atau 128 km per jam. Fitur teknis lainnya ialah suspensi terbaru yang sepenuhnya ditanam pada semua sudut.

http://3.bp.blogspot.com/-WvqPNeSMGLA/U-lCQ2OfYEI/AAAAAAARqBg/pnMTJkAyNOM/s1600/Flxible-11.jpg

Bicara interior, karavan buatan ini memiliki beberapa ruangan layaknya hotel mewah. Seperti ruang tamu, meja makan kecil, toilet, dua tempat tidur, serta berbagai perabotan rumah tangga lainnya.

Tak hanya itu, mobil ini juga memiliki ruangan dapur yang memungkinkan pemiliknya memasak, serta wastafel untuk mencuci piring.

Untuk memilikinya, sang pemilik telah merilis harga mobil yang kini tengah dipajang di Easley, Carolina Selatan. Pemilik meminta mahar US$235 ribu atau setara Rp3,1 miliar (Rp13.087 per dolar AS)


5. Rumah berjalan Brad Pitt

Aktor tampan, Brad Pitt, sepertinya menjadi salah satu selebriti yang kehidupannya selalu dibubuhi kebahagiaan. Betapa tidak, selain memiliki istri cantik, Angelina Jolie, ia juga hidup harmonis dengan enam anak-anaknya. Terlebih, ia kini memiliki harta berlimpah setelah perusahaan filmnya, Plan B Entertainment, menuai banyak kesuksesan.

Dilansir Daily Mail, baru-baru ini, aktris kelahiran Shawnee, Oklahoma, 18 Desember 1963 silam itu membuat kejutan kepada sang istri dan buah hatinya. Pemilik nama asli William Bradley Pitt ini membeli sebuah trailer mewah dengan harga US$1 juta atau setara Rp13 miliar (kurs Rp13.087 per dolar AS).

A-plus trailer for an A-list star: This is the living area of Brad Pitt s massive on-set trailer, which features a chef-quality kitchen, master bedroom and a 10-foot-long couch 

Lantaran harganya yang fantastis, trailer ini hadir dengan berbagai perabotan laiknya hotel berjalan. Sebut saja kamar tidur utama, dapur yang cukup luas, kamar mandi mewah, serta ruang menonton televisi.

Kehadiran semakin sempurna, karena trailer ini cukup luas dan dapat menampung istri dan enam anaknya.

Fit for a foodie: The kitchen alone cost $60,000 with a built-in refrigerator, dishwasher, stove-top and plenty of counter space 

Melirik ke arah dapur, sentuhan mewah langsung menyeruak saat memasukinya. Hal itu terjadi karena dapur itu dijejali berbagai perabotan mewah nan canggih. Dapur ini pun cukup lengkap  dengan lemari es, kompor, tempat pencuci piring.

Oasis on set: The living space includes a massive flat screen TV and a table for Brad to eat his lunch during breaks in filming

Laporan juga menyebutkan bahwa untuk urusan dapur saja, Brad Pitt harus merogoh kocek sekira US$60 ribu. Di sebelah dapur, terdapat sebuah meja dengan TV layar datar berukuran besar. Selain itu, ada pula sofa berbahan kulit yang bisa digunakan untuk mereka bersendau gurau.

Acting is a tiring job: The master bedroom is accessed through a sliding door, and features a queen-size bed to sneak in a midday nap 

Beberapa langkah dari situ, ada pintu geser menuju kamar tidur utama dan ruang wardrobe yang ukurannya cukup luas. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya