Chevrolet Tutup Pabrik, Harga Mobil Spin Bekas Jadi Murah

Chevrolet Spin diluncurkan di Makasar
Sumber :
  • Dokumentasi General Motors (GM) Indonesia

VIVA.co.id - Raksasa otomotif asal Amerika Serikat, General Motors, baru-baru ini mengumumkan bakal menutup pabriknya yang berada di Pondok Ungu, Bekasi, Jawa Barat.

Benarkah GM 'Trauma' Buka Pabrik Mobil di Indonesia?

Penutupan itu sedianya akan dilakukan pada 1 Juli 2015. Pabrik itu diketahui digunakan Chevrolet untuk memproduksi Multi Purpose Vehicle (MPV) Spin.

Pengumuman penutupan pabrik itu rupanya langsung memengaruhi pasar mobil Spin di Tanah Air, utamanya di sektor mobil bekas.

Herjanto Kosasih, Senior Manajer Marketing Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, mengatakan, dengan adanya pengumuman tersebut harga Chevrolet Spin terjun bebas hingga 25-30 persen dari harga baru.

“Sebenarnya dari mobil baru itu (Spin) keluar, dan langsung dijual saja bisa langsung turun 15 persen. Beda dengan mobil lainnya. Apalagi Avanza-Xenia itu tidak sampai segitu,” kata Herjanto kepada VIVA.co.id, Selasa 10 Maret 2015.

Lebih lanjut Herjanto menyatakan, dengan adanya rencana penutupan pabrik Chevrolet Spin, kemungkinan harga jual mobil bekas tersebut akan bertambah turun antara 10-15 persen dari penurunan semula.

Untuk sekelas mobil bekas, kata Herjanto, Spin memang salah satu produk yang jarang peminat. Bahkan. jumlah mobil bekasnya pun di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua terbilang sedikit.

Herjanto mengaku memahamai apa yang terjadi pada para pengguna Spin saat ini. Di mana kemungkinan mereka (konsumen Spin) banyak yang ingin menjual mobil tersebut, namun tak sesuai dengan harga.

“Seharusnya perusahaan tersebut memberikan solusi, berkomunikasi terlebih dahulu, karena konsumen juga kan harus mengetahui kepastian jaminan ketersediaan suku cadang atau suku cadangnya,” kata Herjanto.

Berdasarkan perhitungan, jika penurunan harga Spin bisa mencapai 25 persen, maka untuk Spin tipe 1.3 LS MT (Diesel) yang dibanderol Rp192,5 juta untuk jenis mobil baru, bisa langsung turun berkisar Rp48-50 jutaan jika dijual.

Itu pun jika kondisi masih sangat bagus. Sebab, jika kondisi sudah lama, bodi banyak lecet dan kilometer sudah jauh, tentu saja harganya akan semakin menurun.

![vivamore="Baca Juga :"]

Usai 'Lempar' Trax, GM Bakal Luncurkan Model Baru?

Chevrolet Tawarkan Banyak Diskon Servis di Bintaro

[/vivamore]
Ed Welburn pensiun dari General Motors

Kepala Desain Mobil General Motors Resmi Pensiun

Ia akan digantikan Michael Simcoe.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2016