Bahaya Pakai Rem Cakram Variasi pada Motor

Rem cakram
Sumber :
  • www.welovehonda.com

VIVA.co.id - Maraknya populasi sepeda motor di Tanah Air dewasa ini melahirkan banyak tren modifikasi. Langkah ini biasanya ditempuh para pemilik motor yang enggan tunggangannya tampil standar dengan motor-motor yang beredar di jalan raya.

Salah satu perangkat yang biasanya kena sentuhan modifikasi ialah cakram rem. Terlebih, saat ini sudah banyak model dan variasi yang beredar di pasaran. Ada yang ukurannya besar, kecil, serta dibalut dengan warna-warna cerah.

Sayangnya, demi mengejar penampilan, banyak pula pemilik motor yang menggadaikan keselamatan. Padahal, salah-salah ganti cakram bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Dilansir WeloveHonda, jika memang kepincut menanamkan cakram variasi pada motor kesayangan, ada beberapa hal yang patut diperhatikan. Salah satunya kualitas bahan. Contoh yang direkomendasikan aman seperti Brembo, Nissin, PSM, atau DBS.

Memang harganya terbilang cukup mahal, namun setimpal dengan faktor keselamatan yang diusungnya. Sementara itu, bagi produk abal-abal, biasanya ketebalan tidak rata, lalu materialnya juga tidak cocok dengan kampas yang membuat pengereman jadi licin dan berbahaya.

Selain itu, pastikan juga cakram variasi presisi, terutama jarak braket yang menjepit kaliper dan piringannya. Jika tidak pas, bakal menimbulkan panas berlebih di cakram yang berefek cepet rusak akibat bengkok.

Banyak pemodifikator yang suka sekali dengan cakram berukuran lebar. Padahal, ini tidak dianjurkan. Sebab, motor bakal tidak stabil selagi melakukan pengereman karena terlalu pakem.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Lebih baik, pakailah cakram standar bawaan pabrik. Terlebih, jika motor digunakan untuk aktivitas harian, lebih aman.

Masalah yang kerap muncul dari cakram variasi adalah posisi selang. Biasanya terkadang suka terjepit dan berbelok-belok. Jika itu sudah terjadi, rentan bocor dan kinerja rem jadi tidak maksimal. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya