Suara Knalpot Motor 'Nembak-nembak', Ini Sebabnya

Knalpot kendaraan bermotor.
Sumber :

VIVA.co.id - Seringkali di jalan raya, kita menemui pengendara yang bunyi knalpotnya 'nembak-nembak'. Atau, kasus ini bisa juga terjadi pada motor yang kita gunakan. Hal ini, tentu mengganggu kenyamanan berkendara.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Lalu, sebenarnya apa yang terjadi pada motor dengan knalpot yang suaranya 'nembak-nembak'?

Dilansir WeloveHonda, hal ini tidak akan menjadi masalah bagi pemilik motor yang sudah mengadopsi teknologi PGM-FI. Sebab, sistem injeksi memiliki beragam sensor yang membuat kondisi udara dan bensin bercampur sempurna, sehingga efek knocking ,alias 'nembak' semakin minimal.

Berbeda dengan motor yang masih menggunakan teknologi karburator. Motor yang 'batuk-batuk' wajib rajin dilakukan pengecekan, setelan angin karburatornya, agar pencampuran bensin dan udara selalu optimal.

Lalu, bagaimana jika motor injeksi yang masih 'batuk-batuk'? Penanganannya juga dikatakan tidak jauh beda dengan motor karburator. Biasanya yang dilakukan adalah mengecek ulang sensor-sensornya dengan diagnostic tool di bengkel besar.

Tetapi, jika kondisi motor masih tetap 'nembak-nembak', padahal sudah disetel karburator, atau sistem injeksinya sudah diperiksa dan ternyata normal, bisa jadi akar masalahnya dari paking knalpot motor.

Paking knalpot diketahui berfungsi sebagai penahan kebocoran kompresi antara leher knalpot dengan blok head mesin. Jika bocor, tentu ada udara yang masuk, sehingga campuran bensin dan udara tidak akan sempurna.

Jika rasio bensin dan udara lebih banyak udara, dipastikan pembakaran tidak akan sempurna, sehingga terjadilah efek knocking alias 'nembak'.

Cara menanggulangi paking knalpot yang bocor, tentu harus diganti. Komponen kecil ini cukup murah. Pemasangannya pun cukup simpel. Cukup buka leher knalpot dan pasang paking knalpot di tempatnya, yaitu sela antara leher knalpot dan header. Kalau mau lebih kuat, lapisi terlebih dahulu paking knalpotnya dengan sealant. (asp)

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

![vivamore="Baca Juga :"]

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya