Regulasi Kendaraan Roda Tiga Masih Belum Jelas

Toyota iroad
Sumber :
  • autoblog

VIVA.co.id - Saat ini regulasi kendaraan bermotor terbagi dalam dua kategori roda dua dan roda empat. Namun kini muncul pertanyaan baru, masuk kategori manakah untuk kendaraan roda tiga?

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Dilansir Autoblog, pertanyaan itu juga menggelitik senator asal Partai Republik, David Vitter, yang juga sebagai anggota komite lingkungan hidup dan pekerjaan umum yang menaungi sub komite transportasi dan infrastruktur.

Vitter mendesak pemerintah segera menentukan apakah kendaraan roda tiga di Amerika Serikat (AS) masuk dalam regulasi kendaraan roda dua atau regulasi kendaraan roda empat atau mungkin diterapkan regulasi yang baru.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Sebagai catatan, keberadaan kendaraan roda tiga atau yang saat ini lebih dikenal sebagai 'autocycles' pertama kali dipelopori oleh Elio Motor di Louisiana yang tak lain daerah asal Vitter.

Beberapa produsen otomotif macam Toyota, Campagna hingga Polaris menciptakan kendaraan ini. Toyota meluncurkan i-Road , Campagna dengan T-Rex dan Polaris dengan Slingshot.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Menariknya, beberapa produsen motor tiga roda ini juga tak satu kata untuk memasukan kategori jenis kendaraan ini. Elio dan Toyota mengusulkan kendaraan roda tiga ini masuk kategori kendaraan pribadi. Sedangkan Campagna dan Polaris lebih memilih sebagai kendaraan hiburan semata.

Nah, masih adanya silang pendapat ini pula yang menjadi alasan dari Vitter untuk mendesak pemerintah segera memberikan kepastian hukum untuk kendaraan roda tiga di Amerika Serikat.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya