Tak Dirawat, Tiga Komponen Ini Bikin Mobil Boros Bensin

SPBU
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Benarkah Mitos Hujan Bikin Mobil Hemat Bensin? Wajib Tahu
- Memilih mobil dengan konsumsi bahan bakar yang irit saat ini merupakan langkah yang banyak ditempuh masyarakat, baik di dalam negeri dan luar negeri. Selain ramah lingkungan, mobil dengan konsumsi bahan bakar irit tentu tak akan menguras kocek si pemiliknya.

Bensin Hampir Habis Padahal SPBU Jauh, Lakukan Cara Ini

Dilansir
431 Kerbau di OKI Sumsel Mati Mendadak, Ini Penyebabnya
AstraWorld , ternyata ada tiga komponen yang patut dilakukan perawatan ekstra agar konsumsi BBM pada mobil dapat irit. Tiga komponen itu dianggap penting bagi sistem pembakaran, yakni busi, saringan udara dan saringan bahan bakar.


Ketiga komponen ini harus dalam kondisi prima. Busi harus mampu memercikkan bunga api yang baik. Sedangkan saringan udara maupun saringan bahan bakar harus sering-sering dibersihkan. Apalagi jika musim panas yang kian mempercepat saringan udara kotor karena debu-debu yang terhisap.


Kotoran juga mudah menempel pada saringan bahan bakar karena saringan ini bertugas mencegah kotoran-kotoran yang tercampur di bahan bakar agar tidak sampai masuk ke ruang bakar.


Jika ketiganya tidak bekerja dengan baik atau dalam kondisi kotor, terjadilah kondisi yang disebut dengan pembakaran yang tidak sempurna. Bahan bakar yang masuk ke ruang bakar tidak seluruhnya terbakar habis. Sehingga, jika dihitung-hitung, tenaga yang dihasilkan mesin tidak seimbang dengan bahan bakar yang keluar.


Itulah sebabnya kondisi busi, saringan udara, dan saringan bahan bakar yang tidak baik pada akhirnya menyebabkan konsumsi BBM menjadi boros. Tak hanya itu, BBM yang tidak terbakar tadi akan ikut terbuang bersama gas buang. Bila mobil dengan kondisi mesin seperti ini diuji emisi, gas buangnya pasti sangat buruk.


Bisa jadi, emisinya melebihi ambang batas yang telah ditentukan dan pada akhirnya berdampak buruk bagi kualitas udara kita.


Cara termudah menjaga ketiga komponen ini adalah dengan selalu melakukan servis berkala. Mekanik bengkel akan mengecek dan membersihkan atau mengganti ketiga komponen tadi yang memang sudah harus diganti.


Pemeriksaan juga sebaiknya dilakukan apabila muncul gejala mesin yang tersendat-sendat. Mesin yang tersendat menandakan pasokan BBM ke ruang bakar tidak lancar yang kemungkinan besar dipicu oleh saringan BBM yang kotor. Mungkin juga karena salah satu busi rusak atau mati.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya