Canggih, Lampu Mobil Bisa Ikuti Arah Mata Pengemudinya

Cahaya lampu mobil sesuai arah mata.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id - Teknologi canggih diperkenalkan General Motors (GM) melalui perusahaan jaringannya di Eropa, Opel. Mereka mengaku tengah mengembangkan teknologi terbaru yang berkaitan dengan lampu utama (headlamp) mobil.

Uniknya, teknologi yang disebut eye-tracking ini dapat diatur sesuai dengan arah mata pengemudi. Nantinya, teknologi ini akan ditanam pada mobil-mobil Opel masa depan. Demikian dilansir Autoevolution, Rabu 18 Maret 2015.

"Kami telah mengembangkan konsep ini sejak dua tahun terakhir. Teknologi ini kami kembangkan agar dapat mengatur intensitas pencahayaan mobil berdasarkan pandangan mata pengemudi," ujar Ingolf Schneider, Direktur Opel Departemen Pencahayaan.

Bicara cara kerjanya, teknologi ini didukung sebuah kamera, sensor, serta inframerah yang ditanam pada kendaraan. Kamera tersebut, nantinya akan mendeteksi dan memindai mata pengemudi sebanyak 50 kali per detik pada malam hari.

Setelah melalui algoritma yang rumit, sistem tersebut akan membaca arah pergerakan mata pengemudi. Hasil pemindaian mata ini nantinya akan dihubungkan dengan lampu utama dan akan bergerak sesuai mata pengemudinya.

Teknologi ini diklaim Opel akan lebih maksimal jika digunakan untuk pencahayaan pada malam hari.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

"Kami telah berhasil mengembangkan algoritma delay canggih yang menjamin gerakan mengalir sesuai dengan cahaya," kata Schneider.

Soal pengaplikasian teknologi ini, produsen mobil yang berbasis di Russelheim, Jerman, itu secara bertahap akan memasang sistem lampu baru yakni LED matrix pada model-model keluaran terbaru dalam 18
bulan ke depan. Sistem LED matrix akan menggantikan AFL+ xenon yang saat ini masih digunakan. (asp)

Teknologi Masa Depan Honda Siap Dipajang di GIIAS 2016
![vivamore=" Baca Juga
Bocah 13 Tahun 'Bejek' Mobil Ini Hingga 320 km per Jam
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya