Cara Mudah Merawat Mobil Kesayangan Tetap Awet

perawatan mobil
Sumber :

VIVA.co.id - Banyak orang menjalankan aktivitas saat ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun, macetnya perjalanan dan kesibukan-kesibukan lain terkadang melupakan mengenai perawatan mobil yang sebenarnya sangat vital.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Terkadang, kita baru sadar, setelah mobil bermalah dan rusak parah. Nah, untuk membuat para pengguna mobil tetap selalu ingat mengenai perawatan mobil, Jusri Pulubuhu, selaku Founder Jakarta Defensive Driving Consulting memberikan tips jitu.

Menurut Jusri, para pengguna mobil hanya perlu mengingat satu kata kunci yakni, POWER. Masih menurut Jusri, kata POWER ini merupakan singkatan dari lima hal vital dalam perawatan mobil. Apa sajakah?

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Saat ditemui VIVA.co.id, Rabu 18 Maret 2015, lima hal yang pantas diperhatikan dalam perawatan mobil yakini; Petrol, Oil, Water, Electricity, dan Rubber (POWER).

Berikut, definisi kelima poin itu menurut Jusri:

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya
1. Petrol: Dengan mengingat kata ini, kita tahu bahan bakar yang baik untuk mesin kendaraan yang kita gunakan. Pastikan memilih bahan bakar yang sesuai, sehingga terjadi sistem pembakaran yang baik di mesin dan tentu akan menjaga mesin kendaraan.

2. Oil: Minyak ini mencangkup semua minyak di dalam mobil yang harus terus dirawat, termasuk oli. Kita harus melihat oli yang sesuai dengan mesin mobil kita, sehingga performa dan kondisi mobil akan terjaga.

3. Water: Dalam kendaraan mobil kita juga harus memastikan air dalam mesin yang berfungsi sebagai pendingin. Kita harus rutin memeriksa demi menjaga keawetan mesin mobil.

4. Electricity: Kita juga harus selalu memeriksa sistem kelistrikan dalam mobil, apalagi yang bersangkutan dengan keselamatan. Kita harus sering melakukan pengecekan secara berkala.

5. Rubber: Yang terakhir adalah onderdil karet dalam mobil. Karet bukan hanya ban saja, tetapi juga semua yang terdapat dalam mesin. Banyak pemilik mobil yang lupa dengan hal ini dan menyebabkan kerusakan mesin, karena tidak merawat onderdil karet di dalam mobil. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya