Alat Canggih Ini Kumpulan Teknologi Mobil Mewah

Mobileye
Sumber :
  • Dian Tami/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Menjaga keselamatan berkendara tentu jadi prioritas utama bagi pengendara mobil. Atas dasar itu, PT Bina Putera Sejati (BPS) meluncurkan sebuah alat canggih yang disebut Mobileye.

Aksesoris mobil ini menawarkan sistem keamanan yang mirip dengan mata. Alat ini dapat memantau situasi jalan raya. Mobileye akan memberikan peringatan dini dalam bentuk visual, audio dan getaran dalam situasi berbahaya.

"Ada enam fitur utama di Mobileye yang mampu memberi peringatan dini, di mana fitur tersebut dirancang, agar dapat memperbaiki perilaku pengemudi menjadi disiplin berlalu lintas," kata Sales and Operation Director PT BPS, Louis Daniel Woen, di pameran aksesoris dan spare part yang digelar di JIExpo Kemayoran.

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

Untuk fitur pertama dari alat ini adalah FCW (Forward Collision Warning), yang akan memperingatkan pengemudi menginjak rem guna mencegah tabrakan. Sistem ini juga dilengkapi dengan gambar pada layar kecil untuk mengetahui waktu untuk menghindari tabrakan dengan mobil di depannya.

"FCW diatur menggunakan waktu bukan jarak, sehingga alat akan berbunyi jika terdeteksi akan ada tabrakan dalam waktu tiga deti. Tetapi, jika terlalu jauh, alat ini juga dapat diatur waktunya, yaitu dua, atau satu detik sebelum tabrakan," kata Daniel.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Sedangkan fitur kedua bernama PCW (Pedestrian Collision Warning), di mana fitur ini memiliki fokus pada penyebarang jalan. PT BPS menjamin Mobileye sangat akurat membedakan objek mati dan hidup.

"Alat ini sebetulnya ada di mobil-mobil papan atas, namun kami hadirkan kembali, agar dapat dipakai semua orang. Untuk harga yang ditawarkan terbilang murah, yakni Rp12,5 juta dengan garansi 1 tahun," terang Daniel.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Dan, fitur ketiga adalah LDW (Lane Departure Warning). Fitur ini berfungsi memperingatkan pengemud,i jika berpindah jalur tanpa menyalakan lampu sein. Sedangkan HMW (Headway Monitoring Warning) adalah fitur keempat yang dirancang untuk berkendara di jalur padat atau macet.

"Fitur kelima adalah IHC (Intelegent High Beam Control), yang otomatis menyalakan lampu jauh, jika jalan yang dilewati sangat gelap dan fitur keenam SLI (Speed Limit Indication) atau indikasi batas kecepatan," ungkap Daniel. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya