Honda Perkecil Kapasitas Mesin Civic

All New Honda Civic limited edition
Sumber :
  • Dokumentasi Honda Prospect Motor (HPM)

VIVA.co.id - Era mesin berkapasitas besar tampaknya akan segera usai. Produsen otomotif, saat ini tengah disibukkan dengan rencana mereka untuk kembali ke mesin berkapasitas kecil.

Modifikasi Honda Odyssey: Bunglon yang Mudah Bergaul

Hal ini dilakukan, karena semakin ketatnya regulasi mengenai polusi dan efisiensi bahan bakar. Seperti yang kita ketahui, mesin berkapasitas besar cenderung membakar bahan bakar lebih banyak, sehingga boros dan mengeluarkan lebih banyak polusi.

Dilansir dari Motorbeam, Senin 23 Maret 2015, salah satu produsen yang berniat untuk menurunkan kapasitas mesin produknya adalah Honda. Nantinya, semua Honda Civic yang dijual akan menggunakan mesin berkapasitas 1.500cc, sama seperti Civic versi lawas.

Modifikasi Honda Odyssey, Sangar Tapi Tetap Fungsional

Tentunya, Honda tidak akan begitu saja menjual mobil yang spesifikasinya lebih rendah dari yang ada saat ini. Agar konsumen tetap mau melirik, Honda melengkapi mesin baru ini dengan perangkat turbo.

Penggunaan turbo dianggap ideal, karena selain bisa mendongkrak tenaga mesin, pembakaran juga jauh lebih baik, sehingga gas buang yang dihasilkan lebih sedikit bahayanya. Tenaga yang dihasilkan gas buang dimanfaatkan kembali untuk memutar kipas, yang berfungsi memampatkan campuran bahan bakar.

Honda Rilis Motor Rp9 Jutaan

Rencananya Honda akan mulai mendistribusikan Civic bermesin turbo mulai akhir 2016 mendatang. Bagi mereka yang tidak tertarik, tetap dapat membeli Civic bermesin biasa, namun kapasitasnya tetap 1.500cc. Mesin baru ini diklaim memiliki tenaga setara dengan yang dihasilkan mesin 2.000-2.400cc. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya