7 Cara Gunakan GPS Agar Mobil Terhindar dari Begal

Ilustrasi GPS untuk kendaraan bermotor
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Kebutuhan akan alat keamanan untuk kendaraan bermotor saat ini semakin meningkat, terlebih dengan maraknya tindak kejahatan yang kerap terjadi dan menyasar kendaraan bermotor.

Salah satu perangkat yang kini mulai marak digunakan para pemilik kendaraan roda empat ialah GPS alias Global Positioning System.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Perangkat ini tak hanya digunakan untuk membantu pemilik menemukan arah yang dituju, namun juga dapat memberikan informasi di mana mobil tersebut berada jika mobil itu hilang.

Namun, meski sudah banyak pengendara yang melengkapi kendaraannya dengan GPS, masih banyak di antara mereka yang belum mengetahui cara penggunaannya.

Roby Oktober, Head of Marketing PT Super Spring memberikan tujuh tips dan trik menggunakan GPS dengan benar. Apa saja? Berikut ulasannya:

1. Simpan nomer call center produk. GPS dinilai baik apabila memiliki layanan call center, terlebih dengan layanan 24 jam. Hal ini, tentu bermanfaat jika dalam kondisi darurat.

2. Penggunaan GPS akan lebih maksimal jika tiga fungsi utamanya aktif. Jadi, pastikan tiga fungsi utama seperti lacak, sadap suara, dan dapat mematikan kendaraan menggunakan gadget hidup.

3. Pergunakan sistem pelacak yang simple. Akan lebih baik jika ada aplikasi di handphone, sehingga lebih mudah digunakan.

4. Pemilik sebaiknya mengerti arti dari simbol aplikasi di GPS, sebut saja warna biru untuk simbol mobil yang sedang berjalan, hitam berarti sedang diam, merah berarti keadaan alarm dan kuning tidak terlacak. Apabila simbol warna merah dan kuning menyala, pemilik dapat segera menghubungi call center.

5. Manfaatkan fitur utama website seperti track replay, park report, historical data report dan fitur sadap suara apabila GPS memiliki fitur tersebut.

6. Daftarkan nomer handphone Anda, sehingga aplikasi matikan mesin dengan SMS akan lebih mudah, seperti halnya saat ini dengan maraknya begal.

7. Sebaiknya autotext format mematikan mesin harus disimpan ke dalam draf auto text pada GPS. Sehingga, apabila dalam keadaan panik, Anda tidak lupa dengan hal penting seperti ini. (asp)

![vivamore="Baca Juga :"]

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Waspada Salah Beli Mobil Gara-gara Lirikan SPG

[/vivamore]
Oli mesin.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Banyak produsen nakal yang kini memproduksi oli palsu.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2017