Menjajal Garangnya Porsche Macan

Macan S
Sumber :
  • Ikhwan Yanuar/VIVA.co.id

VIVA.co.id - Mobilnya orang kaya. Kalimat itu tentu sangat lazim saat melihat mobil buatan Porsche, termasuk Macan S. Mobil tipe Compact SUV (Sport Utility Vehicle) ini dihargai lebih dari Rp1 miliar, dan tentu hanya mampu dimiliki orang berkantong tebal.

Sebelum mengulas cita rasa menunggangi mobil mahal ini, tentu tak salah untuk mengetahui awal mula mobil buatan pabrikan Jerman ini memilih nama Macan. Porsche memilih Macan karena dianggap mudah diucapkan dengan berbagai macam dialek.

Selain itu, nama macan juga dianggap Porsche mampu mewakili dari kekuatan, kelenturan, daya tarik dan jiwa dinamis dari kendaraan yang diluncurkan dengan tiga tipe yakni tipe Macan S, Macan Turbo dan Macan Diesel ini.

Namun banyak kalangan yang menganggap Porsche coba mengikuti langkah pesaingnya, Lamborghini, yang sebelumnya meluncurkan Lamborghini Maduro. Dengan nama Macan, binatang khas Indonesia ini, Porsche ingin menarik simpati orang-orang kaya asal Indonesia.

Kini VIVA.co.id mendapat kesempatan untuk melakukan test drive mobil Macan S. Bodi kekar yang selama ini menjadi ciri khas mobil SUV dapat terlihat jelas tampilan luar Macan S. Kesan multiguna dan tangguh seakan ingin ditonjolkan Porsche.

Sekilas, model mobil ini memang mengingatkan pada mobil Cayenne. Tak heran banyak yang menganggap Macan merupakan 'adik kandung' atau versi yang lebih murah dari Cayenne yang sengaja diluncurkan Porsche.

Saat pertama kali memasukinya, kesan mobil canggih dan futuristik langsung tertangkap oleh mata. Berbagai tombol tersebar apik terutama pada bagian konsol tengah dan atap bagian depan. Ruangan kemudi pesawat atau kokpit, langsung terlintas.



Mobil ini juga dilengkapi dengan sebuah panel sunroof yang kini kembali populer ditanamkan pada mobil-mobil terbaru. Hal ini akan membuat para penunggang Macan dapat merasakan nuansa alam dengan atap yang terbuka.

Kegarangan mobil ini, tidak hanya pada tampilan eksteriornya. Tapi juga raungan suara dari empat lubang knalpot. Mirip suara mobil balap F1 dengan suara menggelegar.

Porsche Rongsok Ini Dijual Rp2,5 Miliar

Saat berada di jalan tol, kami sempat menggeber mobil dengan bantuan tombol sport+, hasilnya mobil lebih responsif terutama dalam akselarasi. Saat memacu di atas kecepatan 140 kilometer per jam pun, mobil tampak anteng. Mestinya, jika dipacu lebih dari kecepatan itupun, sebenarnya tunggangan ini masih melaju dengan sempurna. Tapi hal itu kami tidak lakukan, meski kondisi jalan tergolong sepi.



Fitur Keamanan Tingkat Tinggi
Untuk keamanan, mobil ini juga dilengkapi dengan Dinamic Light System. Fitur ini akan membuat pengendara dapat melihat dengan jelas saat berkendara di malam hari. Bahkan, lampu depan dari Macan S ini dapat bergerak menyesuaikan gerakan steer mobil.

Selain dikepung fitur keamanan airbag, mobil ini juga dilengkapi dengan peringatan dini saat akan terjadi benturan. Layar pada fitur entertainment yang tertanam pada dashboard akan mengirimkan peringatan audio visual saat ada obyek yang mendekati mobil baik dari depan, belakang atau samping.

Tingginya fitur keamanan yang diberikan Macan S ini juga dapat dilihat dengan catatan bintang lima dalam uji tabrak yang dilakukan oleh EURO New Car Assestment Program atau NCAP. Selain faktor keamanan, mobil ini juga mencoba memberikan kenyamanan terbaik.

Salah satunya dengan adanya setelan jok yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengemudi. Tercatat ada 14 setelan (yang dikendalikan secara elektronik) untuk mencari posisi paling nyaman mulai dari jok maju atau mundur hingga ke atas dan ke bawah.

Yang tak kalah menarik, mobil yang pertama meluncur ke Indonesia pada 2014 ini juga dilengkapi dengan fitur menarik yakni sistem suspensi canggih yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Bahkan, pada kabin belakang di sisi kanan juga dilengkapi tombol untuk mengatur sistem suspensi roda belakang.

Dan yang tak kalah penting, instrumen yang menjadi ciri khas Porsche, takometer tepat berada di tengah dashboard.

Mengenal Dalaman Mesin
Untuk dalaman, Porsche Macan S yang menggunakan jantung pacu  V-6 3.0 liter twin-turbo 3.000 cc. Dengan mesin ini, Macan S dapat mengaum dengan kekuatan 335 Hp serta torsi 460 Nm. Begitu mesin dinyalakan, deruman mesin Macan S terdengar halus tapi intimidatif.



Mobil dengan panjang 184.29 inchi dan tinggi 63.94 ini dapat melakukan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 5,2 detik. Sedangkan untuk top speed, mobil seberat 1.899 kg ini dapat mencapai kecepatan 251 km/jam.

Macan S menggunakan penggerak empat roda, sehingga bisa diajak bermain lumpur atau melintas di pegunungan tanpa takut terjebak. Sistem penggeraknya sudah dilengkapi kontrol elektronik, komputer akan membagi kekuatan mesin sesuai medan yang dilalui.

Transmisi tujuh percepatannya bisa dikendalikan secara otomatis ataupun manual melalui paddle shift yang ada di lingkar setir. Jika masuk ke medan berat, pengemudi dapat memindahkan pengaturan ke mode off-road. Mode ini akan mengubah karakter mesin, transmisi dan suspensi, sehingga lebih responsif dan mengutamakan torsi pada putaran bawah mesin.

Namun dengan tenaga dan cc yang diusungnya, Macan S memang tergolong boros bahan bakar. Untuk satu liter bahan bakar, Macan S hanya dapat menempuh jarakk 7,46 km. Namun hal itu tentu tak menjadi masalah mengingat mobil ini memang diperuntukan bagi orang kaya.

Nah, melihat keunggulan dan inovasi yang coba ditanamkan Porsche pada Macan S ini, tentu sangat sebanding dengan dana yang harus dikeluarkan. Orang kaya Indonesia dapat menjadikan Macan S sebagai salah satu pilihan terlebih dengan nama khas Indonesianya.

![vivamore="Baca Juga :"]

Jok Khusus Penyandang Disabilitas Ini Seharga Mobil

Beli Kaca Film di IIMS 2016, Diskon Hingga 30%

[/vivamore]
Porsche Panamera.

Mobil Mewah Lenyap Gara-gara Kesalahan Petugas Valet

Petugas memberi kunci bukan kepada pemilik mobil.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016