Tak Mau Kalah dari Thailand, Jokowi Temui Bos Toyota

Presiden Joko Widodo di Jepang
Sumber :
  • REUTERS/Yuya Shino
VIVA.co.id
Daftar 5 Merek Mobil Paling Laris, Toyota Menjauh
- Presiden Joko Widodo ternyata mengunjungi kantor Toyota Motor Corp di sela-sela lawatannya ke Jepang, Rabu 25 Maret 2015. Jokowi yang didampingi sang istri, Iriana Joko Widodo, langsung disambut Presiden Toyota Motor, Akio Toyoda, di Gesture Room, Gedung Kantor Pusat Toyota.

Pesta Diskon Toyota hingga Rp25 Juta di IIMS 2016

Dalam kunjungannya tersebut, Jokowi dan Akio Toyoda mengadakan pertemuan singkat untuk membahas beberapa hal. Ikut mendampingi Jokowi dalam kunjungan tersebut yakni Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Seskab Andi Widjajanto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel dan Menteri BUMN Rini Soemarno.
Bakal Hadir MPV Versi Murah, Toyota Avanza Terancam?


“Saya bertemu Presiden Toyota Mr. Akio Toyoda, saya minta Indonesia dijadikan sebagai
product service
khusus untuk ekspor,” kata Jokowi, seperti dilansir laman resmi Sekretariat Kabinet.


Kata Jokowi, Toyota telah menyanggupi ekspor ditingkatkan tiga kali lipat dari yang sekarang, baik komponen maupun yang mobilnya, atau paling tidak sama dengan Thailand.


“Sekarang Thailand 700 ribuan, di Indonesia baru 200 ribuan, tadi komitmennya itu. Tapi dia (Presiden Toyota) juga minta agar dibantu visa kerja, angkutan barang dari pabrik ke pelabuhan, ketiga masalah berurusan berkaitan dengan pelabuhan,” ujar Jokowi.


Toyota dalam kesempatan itu juga menyampaikan bakal berinvestasi Rp20 triliun. “Kalau ini masuk, yang lain akan ikut, karena ini bangun kepercayaan,” kata Jokowi.


Dalam kesempatan tersebut, Jokowi dan rombongan juga melakukan peninjauan pada bagian Assembly Line milik Toyota dan menjumpai 36 orang pekerja dari Toyota Indonesia yang tengah menjalani pelatihan di sana.


“Belajar yang rajin ya,” pesan Jokowi kepada para pekerja Toyota asal Indonesia.


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya