Truk Raksasa Ini Punya 24 Roda, Pakai Mesin Pesawat

Truk MAZ-7907 buatan Rusia.
Sumber :
  • www.autoevolution.com
VIVA.co.id
VIDEO: Kawanan Unta Bikin Mobil di Tol Kocar-kacir
- Rusia memang dikenal piawai membuat hal-hal dalam skala raksasa. Sebut saja pesawat jet terbesar dan helikopter terbesar yang pernah dibuatnya.

Foto Lima Jalan Paling Ekstrem dan Mengerikan

Tak hanya itu, Rusia ternyata juga berhasil membuat truk terbesar di dunia. Truk itu bernama MAZ-7907. Demikian dilansir
Unik, Suami Minta Maaf ke Istri dengan Sewa Ribuan Taksi
Autoevolution , Rabu 25 Maret 2015.

Truk ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak 1980-an oleh Minsk Automotive Plant yang dikenal sebagai MZKT. Truk ini sengaja dirancang untuk melakukan satu hal, yakni mengangkut rudal balistik RT-23.




Yang menjadi persoalan saat itu (1983), rudal yang memiliki 10 hulu ledak dengan daya jangkau 10 ribu kilometer tersebut memiliki berat 100 ton. Alhasil, Minsk Automotive Plant pun kemudian memutar otaknya agar dapat sesuai dengan kebutuhan.


Pada tahun 1985, dua truk MAZ-7907 berhasil dibangun. Truk raksasa itu memiliki panjang 28,1 meter.


Truk ini dikatakan dapat mengangkut beban hingga 150 ton dan sanggup mengatasi jalan kasar. Truk itu dilengkapi dengan suspensi panjang, dua mesin turbin gas seperti pesawat terbang, serta memiliki tenaga 1.250 tenaga kuda.




Truk ini memiliki 24 roda yang masing-masing rodanya ditanami 24 motor listrik. Sama seperti forklift, rodanya bisa berubah dengan serentak (gerakan crabbing) atau asynchronous (empat sumbu dalam satu arah dan sebaliknya).


Menurut
Mail.ru
, kendaraan menakjubkan yang tertutup dari publikasi ini digunakan pada tahun 1996 untuk membawa kapal 88-ton dari Sungai Berezina ke Danau Narach di Belarus. Truk ini melakukan tugas dengan baik dan mencapai kecepatan jelajah 20 kilometer per jam. (one)


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya