Mobil Anda Potensi Jadi Mata-mata, Waspada Pemerasan

Ilustrasi mobil mewah.
Sumber :
  • Automotto.com

VIVA.co.id - Waspadalah, mobil Anda mungkin bisa menjadi mata-mata bagi Anda sendiri. Jatuh ke tangan yang tak bertanggung jawab, informasi yang diperoleh dapat digunakan untuk memeras Anda.

Sebuah laporan mengejutkan datang dari Asosiasi Kebebasan Informasi dan Privasi Inggris (FIPA). Dalam laporannya, FIPA menyebutkan bahwa mobil Anda mungkin mengetahui semua informasi mengenai aktivitas yang Anda lakukan di dalam mobil.

"Para pembuat kebijakan harus menyediakan panduan bagi industri otomotif mengenai bagaimana prinsip-prinsip umum untuk dapat melindungi data di luar sektor yang mereka butuhkan," tulis laporan dari FIPA seperti dilansir Ctvnews.

Sebab, beberapa data berpotensi digunakan untuk mempermalukan atau memeras seseorang, membuntuti orang, mencuri identitas, memudahkan perampokan atau menciptakan profil yang dapat mereka gunakan untuk entitas komersil dengan cara yang salah.

Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya

Ya, informasi ini akan menjadi masalah, jika jatuh ke tangan orang-orang yang tak bertanggung jawab dan punya akses mendapatkan informasi itu. Karena itu, FIPA bersama beberapa advocat di Inggris dan Kanada kini tengah mendesak untuk menetapkan regulasi mengenai hal tersebut.

Bukan rahasia lagi jika saat ini produsen-produsen mobil tengah berlomba-lomba untuk menanamkan teknologi terbaru dalam setiap produknya. Tak heran jika saat ini mobil-mobil baru dilengkapi fasilitas macam internet, sistem navigasi, GPS dan fitur keamanan.

Hal itu tak menutup kemungkinan produsen-produsen mobil juga akan menanamkan 'mata-mata' di mobil Anda. Mungkin awalnya hanya untuk mengetahui berapa kecepatan atau pengereman yang Anda lakukan. Namun tak menutup kemungkinan informasi mengenai aktifitas Anda juga akan menjadi sasaran.

![vivamore="
V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi
Baca Juga :"]
Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya