VIDEO: Tiga Cara Cerahkan Lampu Mobil yang Kusam

Sumber :
  • Carscoops
VIVA.co.id
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya
- Sebagai salah satu komponen mobil di bagian luar, lampu memegang peranan penting untuk menerangi jalan ketika malam tiba. Tanpa penerangan yang baik, dipastikan mengemudi mobil menjadi tidak nyaman.

V-Belt Motor Matik Putus Sebenarnya Bisa Diantisipasi

Berbeda dengan zaman dulu, lampu mobil kini banyak yang dibuat dari material plastik polikarbonat. Selain ringan, bahan ini lebih mudah dibuat dan harganya relatif lebih murah. Namun satu kelemahan dari lampu model ini adalah kejernihannya yang berubah seiring waktu.

Seperti yang kita ketahui, sinar ultra violet (UV) yang terpancar dari matahari dapat merusak hampir semua bahan, mulai dari kulit hingga plastik. Jika mobil sering diparkir di bawah terik matahari, maka dapat dipastikan lampunya akan berubah menjadi kusam dalam waktu beberapa tahun.

Motor Injeksi Mati Mendadak di Tengah Jalan, Ini Penyebabnya

Solusi paling mudah untuk membuat lampu kembali jernih adalah dengan membeli lampu baru, namun hal ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Nah, dilansir dari Carscoops, Kamis 26 Maret 2015, ada tiga langkah yang bisa dilakukan pemilik mobil untuk mengembalikan kilau lampu mobilnya.

1. Pasta gigi. Berfungsi untuk membersihkan email gigi, pasta ini mengandung zat pembersih yang juga bisa digunakan untuk mengikis lapisan pelindung UV yang ada di setiap lampu. Lapisan pelindung inilah yang membuat tampilan lampu menjadi kusam.

Namun sayangnya, cara ini hanya efektif untuk beberapa hari saja, karena kadar zat pengikisnya hanya kecil.

2. Poles sederhana. Untuk melakukan hal ini, Anda butuh bor listrik atau alat poles. Dengan menggunakan kompon dan pemoles berbahan kain wool, mika lampu bisa menjadi lebih jernih, namun hanya bertahan beberapa bulan saja. Jika proses ini dilakukan berulang kali, maka bisa mengikis plastik mika lampu, dan membuatnya tidak bisa digunakan kembali.

3. Cara profesional. Proses ini mirip dengan cara kedua, namun lampu terlebih dahulu dipoles menggunakan ampelas halus. Setelah diampelas menggunakan tiga jenis yang berbeda, lampu kemudian dipoles dan dilapisi dengan pelindung UV.

Anda bisa melihat videonya di bawah, atau klik tautan ini:

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya