Truk Nyentrik, Setir dan Mesinnya Tak Lazim

Setir aneh milik truk Chevrolet Titan Turbo III.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id - Pabrikan otomotif asal Amerika Serikat, Chevrolet, ternyata pernah membuat kendaraan besar berwajah truk. Truk yang ditetaskan pada 1966 lalu ialah Chevrolet Turbo Titan III.

Yang menakjubkan, truk tersebut ternyata dijejali dengan mesin turbin gas dan biasa dipakai pada pesawat. Demikian dilansir Autoevolution, Kamis 26 Maret 2015.

Pada saat dibuat, Chevrolet memang memikirkan truk yang memiliki tenaga besar. Dengan mesin GT-308 yang disulap sendiri, truk ini dapat memiliki tenaga 280 horse power pada 3.500 rpm.

VIDEO: Kawanan Unta Bikin Mobil di Tol Kocar-kacir

Pengembangan sendiri diklaim banyak melibatkan insinyur General Motors (GM) dan menghabiskan waktu satu dekade.

"Intinya adalah, apa pun jenis truk Chevrolet ini tidak akan disiapkan untuk penjualan sampai benar-benar tepat," sebut Chevrolet dalam brosur resminya saat dipamerkan kala itu.



Namun hingga kini, asa itu ternyata tidak pernah kesampaian. Sebab, truk dengan mesin turbin gas tidak diperbolehkan melintas di jalan raya.

Jika bicara penampilan, Turbo Titan cukup menarik dari sudut pandang desain. Truk itu tampil dengan pesona yang luar biasa. Setiap guratannya terlihat 'seksi' dan tak lumrah dengan model truk lain yang beredar saat ini.

Foto Lima Jalan Paling Ekstrem dan Mengerikan



Paling revolusioner, adalah sistem dial-steering yang dianggap Chevrolet akan menggusur kemudi biasanya. Entah bagaimana cara mengoperasikan setir model pesawat ini. Yang pasti, proyek ini harus dibatalkan karena peraturan pemerintah dan biaya produksi yang besar.

Kendati demikian, setidaknya Chevrolet telah menunjukkan kepada dunia otomotif bila mereka tidak takut untuk berpikir dengan rencana yang besar.

![vivamore="
Unik, Suami Minta Maaf ke Istri dengan Sewa Ribuan Taksi
Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya