Waspada Jika Knalpot Motor Ngebul, Mengapa?

Ilustrasi knalpot ngebul.
Sumber :
  • www.keshamotor.wordpress.com

VIVA.co.id - Di jalan raya, kita kerap melihat pemandangan asap knalpot motor yang ngebul mengeluarkan asap. Sebenarnya, jika motor tersebut berjenis mesin dua-tak tak masalah. Namun jika motor yang dimaksud merupakan empat-tak, tentu bermasalah.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Jika knalpot motor empat-tak mengeluarkan asap, sebaiknya pemilik jangan acuh dan membiarkannya. Keluarnya asap berarti ada masalah di bagian mesin motor.

Penyebab munculnya asap dari knalpot juga bermacam-macam, apa saja? Berikut ulasannya seperti dilansir WeloveHonda, Sabtu, 28 Maret 2015.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Bisa jadi hal itu lantaran bensin yang terlalu boros. Cirinya terlihat dari asapnya yang berwarna hitam atau kelabu pekat. Untuk motor karburator, masalah ini bisa diatasi dengan cara menyetel karbu saja.

Bagaimana jika hal ini terjadi ke motor injeksi? Ada kemungkinan setting sensor O2 yang berubah. Baiknya minta setel sistem injeksinya ke bengkel resmi.

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

Namun, jika asapnya berwarna putih, menandakan ada oli yang terbakar di ruang pembakaran. Di motor empat-tak, oli tidak boleh masuk ke dalam ruang bakar. Jika ada oli mesin yang merembes masuk ke ruang bakar, bisa jadi karena Oil-Up atau Oil-Down.

Oil-Up alias oli naik jika keadaan ring piston motor sudah lemah. Selain itu bisa juga karena liner silinder yang sudah baret, sehingga oli bisa merembes ke ruang bakar. Penanggulangannya ya servis besar di bengkel.

Lalu kalau Oil-Down adalah keadaan oli yang turun dari head blok silinder ke ruang bakar. Biasanya terjadi karena kondisi sil klep yang sudah jebol atau ada rembesan di paking head silinder. Biasanya, jika Oil-Down, ngebulnya lebih parah. Mirip semprotan nyamuk demam berdarah.

Jangan acuh

Knalpot motor yang ngebul sebaiknya jangan dianggap remeh. Sebab, asap tersebut dari kebocoran oli yang bisa berakibat cepat habisnya oli mesin. Jika oli habis, bisa fatal terhadap mesin secara keseluruhan.

Jika diakibatkan oleh ausnya dinding silinder atau piston, sudah jelas motor akan kehilangan tenaga. Ruang bakar akan cepat dipenuhi oleh kerak yang menebal, akibatnya ruang bakar menjadi sempit dan pembakaran menjadi tidak sempurna. Hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap performa mesin.

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya