Lebih Baik Mana, Kredit Mobil Lewat Bank atau Leasing?

Bursa mobil bekas. Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Sepertinya sudah bukan rahasia lagi jika sebagian besar masyarakat memang lebih suka membeli sebuah mobil dengan cara kredit, entah kredit melalui bank ataupun kredit menggunakan leasing.

Alasannya pun beragam. Mulai dari supaya uang bisa diputar, hingga agar uang yang dikeluarkan tidak terasa mahal.

Lantas, apa saja kelebihan dan kekurangan jika melakukan kredit melalui bank atau leasing? Berikut paparannya seperti dilansir Toyota.astra.co.id:

Melalui Bank

Sebenarnya kedua lembaga yang membantu kredit Anda ini memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Keuntungan melakukan angsuran kredit mobil melalui bank adalah bunga yang lebih rendah dari leasing.

Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan

Akan tetapi, kredit melalui bank prosesnya akan lebih rumit. Hal ini terjadi karena data dan prosedur yang dibutuhkan harus lengkap. Di samping itu, pengaju kredit harus mengurus persyaratannya sendiri.

Pihak bank juga harus melakukan survei rumah dan membuktikan bahwa Anda benar-benar laik mendapatkan bantuan kredit dari bank.

Melalui Leasing

Jika melakukan angsuran kredit mobil melalui leasing, Anda akan lebih mudah dalam mengurus prosedurnya. Pengaju kredit hanya perlu mengisi formulir dan menyiapkan berbagai dokumen seperti selip gaji, fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sementara kekurangan melakukan kredit melalui leasing adalah bunga yang lebih tinggi dari pada bank. Namun demikian, semua tentunya berbalik pada Anda, mana lebih efisien dan terpercaya. (ase)

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

![vivamore="Baca Juga :"]

Tips Pedagang Ketahui Mobil Bekas Tabrakan

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya