Teknologi Rem Otomatis Segera Mendunia

Ujicoba sistem pengereman otomatis buatan Toyota
Sumber :
  • kbb.com
VIVA.co.id
Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016
- Teknologi keamanan yang dapat menghindari terjadinya tabrakan memang sudah sepantasnya terpasang di setiap kendaraan. Namun, karena teknologi ini relatif baru, maka biaya produksinya juga otomatis jauh lebih tinggi.

Mobil 'Alien' Toyota Siap Hebohkan Pameran GIIAS 2016

Menurut berita yang dilansir dari Autoblog, Selasa 31 Maret 2015, harga yang ditawarkan untuk fitur pengereman otomatis pada mobil keluaran Ford mencapai US$1.200 atau setara dengan Rp15,6 juta. Namun, konsumen tidak bisa membelinya begitu saja, melainkan harus membeli juga paket keamanan lainnya, yang nilainya mencapai kurang lebih US$3 ribu (Rp39 juta).

Untungnya, kini konsumen segera mendapatkan perlindungan keamanan dengan harga yang lebih masuk akal. Saat ini, Toyota dan Lexus tengah mengembangkan cara baru untuk memproduksi sistem yang mampu melakukan pengereman otomatis saat akan terjadi tabrakan.

Sienta Mengaspal, Bagaimana Nasib Toyota NAV1?

Sistem ini dibagi menjadi tiga, sesuai jenis kendaraan. Yang pertama adalah Toyota Safety Sense (TSS) C untuk mobil berukuran kecil. Dengan mengandalkan kamera dan radar berteknologi laser, mobil yang dilengkapi TSS C akan memberi peringatan pada pengemudi saat jarak dengan mobil depan terlalu dekat.

Selain itu, sistem ini akan menambah tekanan pedal rem, sehingga pengemudi hanya perlu menginjak pedal dengan sedikit tenaga saja. Apabila tidak ada respons dari pengemudi, sistem akan otomatis melakukan pengereman. TSS C akan beroperasi pada kecepatan antara 11 hingga 80 kilometer per jam.

Untuk mobil berukuran sedang dan jenis premium, tersedia sistem TSS P. Cara kerja sistem ini sama dengan TSS C, hanya saja sensor yang digunakan jauh lebih canggih dan akurat. Sementara itu, untuk produk buatan Lexus menggunakan sistem yang diberi nama Lexus Safety System+ atau LSS+.

Berbeda dengan Ford, Toyota dan Lexus menawarkan fitur ini dengan harga yang jauh lebih murah. TSS C dibanderol dengan harga US$300 (Rp3,9 juta), sedangkan TSS P US$500 (Rp6,5 juta). Untuk LSS+, harganya sebesar US$635 (Rp8,3 juta). (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya